Breaking News:

Moeldoko Dinilai Pengamat Akan Sulit Diterima Partai Politik Manapun

Ancaman permintaan mundur kita yakini sudah di pahami Moeldoko dengan baik sebagai resiko dari pilihannya melakukan aksi politik tersebut.

TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko memberikan pemaparan dan arahannya dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Sinergitas Pembangunan Pipa Trans Kalimantan (ruas transmisi, wilayah jaringan distribusi dan LNG) di hotel Grand Mahkota, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (3/12/2019). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik Kalbar, Ireng Maulana, MA menilai jika pasca kasus dualisme Demokrat, Moeldoko akan sulit diterima oleh parpol manapun.

Berikut penuturannya.

Mungkin wacana meminta Moeldoko mundur dari posisinya sebagai KSP akan menguat paska anti klimaks drama dualisme Partai Demokrat ketika Menkumham menolak KLB Demokrat kubu Moeldoko.

Ancaman permintaan mundur kita yakini sudah di pahami Moeldoko dengan baik sebagai resiko dari pilihannya melakukan aksi politik tersebut.

Etikanya, Moeldoko sebagai top public official dapat mundur dari fungsi KSP sebagai antisipasi persepsi liar atas relasi jabatannya sebagai etalase kekuasan hari ini dengan tindakan politiknya.

Walaupun, perbuatan Moeldoko dalam drama dualisme partai Demokrat belum tentu dan tidak berarti representasi dari kehendak (will) kekuasaan.

Respon Menkumham menepis persepsi liar tadi dengan artian Moeldoko ikut berpatisipasi dalam KLB Deliserdang atas kehendaknya sendiri. Jika mundur dari KSP, maka Moeldoko tidak.

Jika mundur dari KSP, maka Moeldoko sedikit sekali memiliki opsi untuk memperlebar sayapnya dalam panggung politik arus utama di nasional.

Baca juga: ALASAN Pemerintah Tolak Sahkan Partai Demokrat Kubu Moeldoko Hasil KLB Sibolangit

Pertama hampir semua elite arus utama menerima trauma dari aksi politik Moeldoko dalam dualisme partai demokrat, dan sudah pasti daya tolak dari semua elite terhadap Moeldoko sangat tinggi jika hendak bergabung ke partai mereka.

Kita prediksi Moeldoko akan sulit di terima di partai manapun yang sadar akan kemampuannya yang telah ditunjukkan kedalam partai demokrat.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved