Breaking News:

Jelang Ramadan, Dinas LH Sekadau Sebut Ada Potensi Peningkatan Limbah Rumah Tangga

Terlebih saat ini untuk penanganan limbah rumah tangga di Kabupaten Sekadau tidak lagi efektif seperti biasanya, lantaran adanya refocusing anggaran t

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau, Wirdan Mahzumi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Jelang bulan suci Ramadhan tahun 2021, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau sebut ada potensi peningkatan limbah rumah tangga, Rabu 7 April 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sekadau, Wirdan Mahzumi mengatakan di bulan suci Ramadhan dipastikan akan terjadi peningkatan jumlah limbah rumah tangga. Hal itu dikarenakan akan adanya aktivitas pasar Ramadhan dan meningkatnya intensitas berbelanja untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa.

"Biasanya per-hari jumlah limbah rumah tangga kita berkisar dari 12-15 ton, kini di bulan Ramadhan bisa bertambah. Hal ini perlu jadi perhatian bersama," kata Wirdan.

Baca juga: Dampak Refocusing Anggaran, Penanganan Limbah Rumah Tangga di Sekadau Tidak Efektif

Terlebih saat ini untuk penanganan limbah rumah tangga di Kabupaten Sekadau tidak lagi efektif seperti biasanya, lantaran adanya refocusing anggaran tahun 2021. Sehingga anggaran operasional berupa BBM untuk armada angkutan sampah harus dikurangi.

"Kami sangat senang sekali kalau ada masyarakat yang mau mendukung untuk kebutuhan BBM ini. Saya berharap ada dana lah, kita sudah menghadap Pj Bupati tetapi keputusan belum ada kepastian," ungkapnya.

Terkait solusi lain dalam penanganan limbah, seperti pemungutan iuran di setiap rumah. Kadis LH Sekadau itu menuturkan pihaknya tidak bisa mengambil tindakan tersebut.

Namun pihaknya akan sangat terbantu jika ada masyarakat yang berniat melakukan pemungutan iuran dan mengumpulkan sampah di tempat pembuangan akhir. (*)

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved