Breaking News:

Buka Pertemuan Teknis dan Jambore Penyuluh Pertanian Kabupaten Mempawah, Ini yang Disampaikan Bupati

Pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan dimaksud adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional dengan mengurangi impor beras, jagung, gul

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Mempawah, Erlina, membuka Pertemuan Teknis dan Jambore Penyuluh Pertanian Kabupaten Mempawah di Wisata Nusantara. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Bupati Mempawah, Erlina, membuka Pertemuan Teknis dan Jambore Penyuluh Pertanian Kabupaten Mempawah di Wisata Nusantara, Selasa 6 April 2021.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan dan kesra, OPD terkait, Ketua HKTI, Ketua KTNA, Ketua HNSI, Pejabat Administrator dilingkungan Dinas Pertanian, dan Para Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Mempawah.

Bupati Mempawah, Erlina, mengatakan salah satu target utama pembangunan pertanian adalah pencapaian swasembada berkelanjutan.

Pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan dimaksud adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional dengan mengurangi impor beras, jagung, gula dan daging sapi.

"Sedangkan untuk target yang lainnya adalah peningkatan diversifikasi bah, daya saing dan ekspor produk pertanian, serta peningkatan kesejahteraan petani," katanya, Rabu 7 April 2021.

Dikatakannya juga, Pemerintah melalui Komando Strategis Pertanian (Kostratani) menetapkan 5 (lima) komoditas utama yakni padi, jagung, kedelai, bawang merah dan cabe, sangat bertekad untuk mensukseskan kedaulatan pangan dalam 5 tahun ini, yaitu sampai pada tahun 2024.

Baca juga: Workshop Pelatihan Sistem Satu Data Kabupaten Mempawah, Ini Arahan Bupati Erlina

"Pada Kegiatan Kostratani, segala strategi dan upaya dilakukan untuk peningkatan luas tanam dan produktivitas di daerah-daerah sentra produksi pangan," ujarnya.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian diminta untuk terus mengaplikasikan teknologi unggulan yang sudah dimilikinya untuk mendukung suksesnya program Kostrtani, terutama dalam hal penyediaan Informasi Teknologi (IT).

"Serta sarana dan prasarana pertanian pendukung kegiatan pembangunan pertanian yang ada," ucapnya.

Lanjut kata Bupati Erlina, Pemerintah Kabupaten Mempawah saat ini bertekad terus membangun sektor pertanian sesuai RPJMD Kabupaten Mempawah tahun 2020-2024 dengan Visi menjadikan Kabupaten Mempawah yang Cerdas, Mandiri dan Terdepan.

Halaman
123
Penulis: Ramadhan
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved