Breaking News:

Penutupan PLBN Berdampak Menurunnya Penumpang hingga 100 Persen, Perum DAMRI Harap PLBN Dibuka

DAMRI Cabang Pontianak melayani rute lintas negara, Brunai Darussalam serta Malaysia..

ISTIMEWA
Jajaran Perum DAMRI meninjau PLBN Aruk dalam rangka survey pembukaan rute baru Pontianak, Singkawang, Aruk, Malaysia belum lama ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sekitar 1 tahun sejak Maret 2020 hingga saat ini  Perusahaan Umum (Perum) Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) Cabang Pontianak tidak mengoperasikan transportasi lintas negara.

DAMRI Cabang Pontianak melayani rute lintas negara, Brunai Darussalam serta Malaysia.

Berhentinya layanan DAMRI antar lintas negara ini semenjak adanya instruksi penutupan rute antar negara oleh Pemerintah Provinsi Kalbar serta dilanjutkan dengan penutupan Pos Lintas Batas Negara oleh antar Indonesia dan Malaysia di Entikong.

Penutupan PLBN dan penghentian transportasi lintas negara ini guna mencegah penularan virus Corona.

Dampak dari penutupan PLBN dan Pandemi Covid-19 sejak tahun lalu berdampak penurunan jumlah penumpang yang signifkan.

Bahkan DAMRI Cabang Pontianak mengalami penurunan penumpang 100 persen dari tahun-tahun sebelum pandemi.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha DAMRI Sandry Pasambuna mengatakan, sejak Pos Lintas Batas Negara (PLBN) antara Kalimantan Barat, Indonesia dengan Sarawak, Malaysia ditutup, sampai saat ini DAMRI belum bisa melayani penumpang bus Antar Lintas Batas Negara.

Terkait hal itu, pihaknya sudah berdiskusi dengan Gubernur Provinsi Kalimantan Barat yang siap mendukung menyuarakan ke pemerintah pusat Indonesia.

Harapannya agar pemerintah pusat Indonesia lebih intens lagi berkomunikasi dengan pemerintah Malaysia, agar PLBN bisa segera dibuka.

Sementara GM Damri Cabang Pontianak,
Heri Indra Setiawan menjelaskan Angkutan ALBN dari Kalimantan Barat yang selama pandemi terhenti ada dua trayek, yaitu Pontianak-Kuching (Malaysia) dan Pontianak-Bandar Seri Begawan (Brunei).

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Syahroni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved