Breaking News:

Jelang Ramadhan, Harisson Minta Masjid Perketat Prokes Covid-19

Jamaah harus difasilitasi misalnya memperbanyak tempat cuci tangan, membuat tanda di lantai masjid agar salat tetap terjaga jaraknya satu sama lain

TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Kadiskes Kalbar, Harrion saat ditemui di Pendopo Gubernur Kalbar, Kamis 25 Maret 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengatakan Pengurus masjid harus benar-benar mempersiapkan masjid menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Setiap masjid harus memfasilitasi agar jamaah masjid dapat melaksanakan protokol kesehatan dengan tertib dan mudah ketika melaksanakan ibadah.

“Jamaah harus difasilitasi misalnya memperbanyak tempat cuci tangan, membuat tanda di lantai masjid agar salat tetap terjaga jaraknya satu sama lain, sediakan masker untjk jamaah yang lupa membawa masker,” ujarnya kepada Tribun Pontianak, Selasa 6 April 2021.

Ia mengatakan Masjid juga harus sesering mungkin melaksanakan disinfektan terhadap lantai dan bangunan masjid.

Baca juga: Jelang Bulan Suci Ramadhan, Warga Terdampak Pandemi Covid Terima Bantuan Sembako

“Lantai masjid bisa dipel dengan cairan disinfektan seperti chlorin (bayclin),”ucapnya.

Lanjutnya mengatakan biasanya taraweh pada minggu-minggu pertama di masjid jamaah nya akan penuh.

Hal inilah yang harus diantisipasi oleh pengurus masjid. Karena didalam masjid jarak antar jemaah yang salat tetap harus tetap terjaga.

Antisipasi bisa dilakukan dengan menyediakan tempat salat yang lebih luas dengan memggunakan tenda atau dengan cara lain.

“Jemaah harus benar-benar mempersiapkan diri untuk tetap menjalankan prokes selama salat di masjid. Selalu gunakan masker, cuci tangan atau Bawalah handsanitizer, jaga jarak salat nya dengan jemaah lain,”ujarnya.

Selain itu mengingat masih pandemi covid-19 agar tidak bersalaman dengan jemaah lain, cukup demgan gunakan kode atau bahasa tubuh. (*)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved