Breaking News:

Bupati Ketapang Akan Optimalkan Pendapatan dari Pajak

Sehingga ada keberimbangan antara sumbangan daerah ini kepada negara dengan mengembalikan keuangan ini dalam bentuk pembangunan di Ketapang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Bupati Ketapang Martin Rantan Saat Mengunjungi KPP Pratama Ketapang. Foto istimewa 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Bupati Ketapang Martin Rantan mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama dalam rangka mengapresiasi dan dukungan terhadap KPP Pratama Ketapang, pada Kamis 1 April 2021.

Menurut Martin untuk memajukan Kabupaten Ketapang tidak hanya dengan kekuatan egosektoral saja, akan tetapi Pemerintah Kabupaten juga harus bersinergi dengan lembaga-lembaga Negara lainnya.

"Kita menyetor pajak dan melaporkan seluruh harta kekayaan kita pada negara melalui pajak. Karena dengan hal tersebut, kita menjadi seorang warga negara yang baik, yang ikut peduli dalam membangun negara khususnya Kabupaten Ketapang. Mari kita membayar pajak dengan baik," ujar Martin Rantan, dari rilis yang diterima Tribun, Minggu 4 April 2021.

Selanjutnya Martin mengatakan, sebagai Kepala Daerah ajakan untuk membayar pajak ini memang sudah seharusnya dilakukan agar membantu komunikasi dan koordinasi dengan multi daerah.

Baca juga: Terima Permohonan Perlindungan Hukum dari DPC Partai Demokrat, Ini Penjelasan Kapolres Ketapang

Khususnya dengan lembaga-lembaga vertikal yang ada di daerah.

Dari hasil pertemuannya dengan KPP Pratama, Martin menyimpulkan bahwa hasil pajak di Kabupaten Ketapang belum setara dengan dana transfer pusat yang ditransfer ke pemerintah daerah untuk membangun Kabupaten Ketapang dalam bentuk APBD.

"Untuk itu pada kesempatan yang akan datang kita berencana untuk mensinergiskan agar mengoptimalkan penghasilan negara dalam sektor pajak di Kabupaten Ketapang. Sehingga ada keberimbangan antara sumbangan daerah ini kepada negara dengan mengembalikan keuangan ini dalam bentuk pembangunan di Kabupaten Ketapang," jelas Martin.

Untuk itu, Martin berharap kepada seluruh masyarakat, dimulai dari jajaran Pemerintah Kabupaten Ketapang agar melakukan pelaporan SPT tahunan secara tepat waktu dan menjadi wajib pajak yang baik.

"Kita menyetor pajak dan melaporkan seluruh harta kekayaan kita pada negara melalui pajak. Karena dengan hal tersebut kita menjadi seorang warga negara yang baik, ikut peduli dalam membangun negara khususnya Kabupaten Ketapang. Mari kita membayar pajak dengan baik," ajaknya kembali.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Ketapang Edral Yulvan mengaku bangga karena bisa dikunjungi oleh orang nomor satu di Kabupaten Ketapang tersebut.

Terkait dengan hasil koordinasi, menurut Edral berjanji akan berupaya selalu untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di wilayah Kabupaten Ketapang, namun ia mengaku hal ini memerlukan dukungan dari seluruh masyarakat utamanya dari jajaran pemerintah Kabupaten Ketapang.

"Saya yakin yang tadi disampaikan pak Bupati, merupakan suatu langkah awal dan kedepannya agar kita bisa meningkatkannya lagi. Yang pasti peran kami sebagai petugas atau pegawai pajak dalam menghimpun pajak negara itu tidak maksimal apabila tidak mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Ketapang," pungkasnya. (*)

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved