Breaking News:

Sejumlah Desa di Kabupaten Sanggau Mulai Salurkan BLT DD Tahap Pertama

Ia mengatakan besaran BLT DD sebesar Rp 300 ribu per bulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dianggarkan di APBDes Masing-masing untuk kurun wa

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-Pemdes) Kabupaten Sanggau, Alian 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-Pemdes) Kabupaten Sanggau Alian menyampaikan bahwa alokasi Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 diarahkan untuk BLT DD dan 8 persen untuk penanganan pandemi di desa.

“Total DD untuk Kabupaten Sanggau berjumlah Rp 159. 338.248.000. Sebesar 8 persen dari DD tidak termasuk untuk BLT DD, Tetapi kewajiban desa untuk penanganan Covid-19 di luar BLT DD,” katanya, Kamis 25 Maret 2021.

Ia mengatakan besaran BLT DD sebesar Rp 300 ribu per bulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dianggarkan di APBDes Masing-masing untuk kurun waktu 1 tahun anggaran. Penyalurannya dapat dilakukan setiap tahap, Tergantung pelaporan tahapan penyaluran dari desa.

Baca juga: Jelang Peringatan Hari Jadi Ke-405, Wabup Sanggau Kembali Ziarah Ke Makam Raja Sanggau

“Karena penyaluran DD tahap 1 yang senilai 40 persen disalurkan melalui mekanisme yaitu 8 persen untuk penanganan Covid-19, Kemudian untuk BLT DD 1 bulan dan sisanya untuk non  BLT,” ujarnya.

Kendati begitu, Dari 40 persen dana penyaluran tahap 1 tersebut disisihkan untuk pembayaran BLT DD selama 4 bulan ke depan. dan akan disalurkan oleh KPPN apabila desa telah menyampaikan laporan penyaluran BLT DD bulan pertama kepada Bupati Sanggau Cq. DPM-Pemdes.

Selanjutnya DPM-Pemdes menindaklanjuti laporan tersebut ke KPPN melalui aplikasi Omspan, sehingga menjadi dasar KPPN untuk penyaluran BLT DD bulan berikutnya.

Dikatakanya, Hingga saat ini sebanyak 13 desa dari 163 di Kabupaten Sanggau yang sudah menyalurkan BLT DD tahap I kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Yakni Desa Desa Sungai Ilai sebanyak 58 KPM, Desa Ketori sebanyak 171 KPM, Desa Sebongkuh sebanyak sebanyak 103 KPM, Desa Menyabo sebanyak 52 KPM, Desa Janjang sebanyak 53 KPM.

Kemudian, Desa Meranggau sebanyak 22 KPM, Desa Entikong sebanyak 100 KPM, Desa Lalang disalurkan kepada 163 KPM, Desa Beginjan sebanyak 117 KPM, Desa Padi Kaye sebanyak 53 KPM, Desa Empirang Ujung sebanyak 142 KPM, Desa Temiang Taba sebanyak 40 KPM, dan Desa Meliau Hulu sebanyak 70 KPM. (*)

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved