Breaking News:

Sambut Hari Jadi 405 Kota Sanggau, Wabup Ontot Ziarah ke Makam Raja Sanggau di Desa Mengkiang

Wabup juga didampingi Pangeran Ratu Surya Negara H Gusti Arman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sanggau Sudarsono, dan Kepala OPD Sanggau lainy

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot dan Pangeran Ratu Surya Negara, H Gusti Arman dan pejabat lainya saat Ziarah ke Makam Raja Sanggau di Desa Mengkiang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa 23 Maret 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Dalam rangka menyambut hari jadi ke-405 Kota Sanggau, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot melakukan ziarah ke makam Raja Sanggau di Desa Mengkiang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa 23 Maret 2021.

Wabup juga didampingi Pangeran Ratu Surya Negara H Gusti Arman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sanggau Sudarsono, dan Kepala OPD Sanggau lainya, para tokoh lintas etnis dan budaya di Sanggau dan masyarakat setempat.

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan bahwa sebagai orang Sanggau sewajarnyalah menghormati dan menghargai perjuangan yang dilakukan para pendahulu, termasuklah raja Sanggau ini. Karena berkat mereka Kabupaten Sanggau ada.

Baca juga: Bupati Paolus Hadi Pimpin Rapat Evaluasi Indikator KLA Tahun 2021 di Kabupaten Sanggau

"Sanggau ini ada karena mereka. Sepantasnyalah kita menghormati mereka yang telah berjuang menjadikan Sanggau seperti saat ini,"katanya, Selasa 23 Maret 2021.

Sementara itu, Pangeran Ratu Surya Negara, H Gusti Arman menceritakan sedikit sejarah Sanggau kepada mereka yang berziarah.

"Sultan Ayub yang dimakamkan di Mengkiang ini atas permintaannya sendiri. Beliau inilah salah satu pendiri Masjid Jamik Sultan Ayub yang ada di lingkungan Kantuk,"katanya.

"Beliau inilah yang pertama menjadi Sultan di Sanggau yaitu anaknya Babai Cinga dan Daranante. Inilah kisahnya. Jadi ada tiga Sultan yang ada disini, hijrahnya langsung ke muara kantuk," tambahnya.

Dengan rangka peringatan hari jadi ke-405 Kota Sanggau ini, Ia berharap seluruh masyarakat Sanggau kembali mengingat sejarah bagaimana berdirinya Sanggau. Dengan memahami bagaimana sejarah Sanggau diharapkan makin mencintai Sanggau. (*)

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved