Breaking News:

Wagub Norsan Hadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Sanggau

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten dan Kota merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dal

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan saat menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Sanggau di Aula Kantor Bupati Sanggau, Senin 22 Maret 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Sanggau, di Aula Kantor Bupati Sanggau, Senin 22 Maret 2021.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten dan Kota merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten dan Kota Tahun 2022.

Sekaligus pelaksanaan dari amanat Undang Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Serta beberapa peraturan pelaksanaannya. 

Baca juga: Wagub Kalbar Apresiasi Kabupaten Sanggau dalam Peningkatakan IPM di bidang Pendidikan 

Dikatakanya, Dokumen RKPD yang disusun selain untuk memenuhi amanat peraturan perundang-undangan, juga bertujuan untuk menjadikan dokumen yang berisikan langkah-langkah strategis untuk menyelesaikan permasalahan aktual di daerah dan mengakomodir berbagai harapan masyarakat serta yang lebih terpenting adalah sebagai penjabaran operasional dari visi pembangunan lima tahunan kepala daerah.

“Musrenbang RKPD kabupaten dan kota merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari tahapan perencanaan pembangunan provinsi dan nasional," ujarnya.

Namun dalam rangka mendukung pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Covid–19 yang meluas secara global, maka Musrenbang RKPD kabupaten dan kota dapat dilaksanakan melalui Video Conference maupun melalui pertemuan fisik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan membatasi perkumpulan orang dalam skala besar.

Terkait Pandemi Covid-19 saya mengingatkan seluruh jajaran pemerintahan dan lapisan masyarakat untuk memperkuat koordinasi dan bersinergi menjalankan kebijakan pemerintahan atas pencegahan dan penanganan Pandemi Covid-19 agar tidak ada lagi akademisi, pelajar, pejabat pemerintahan dan masyarakat yang menjadi korban

“Saya terus mengingatkan untuk tetap menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dan mempertahankan Kalimantan Barat sebagai daerah yang paling taat menggunakan masker,” tegasnya.

Wagub juga menyampaikan bahwa pemerintah provinsi pada 4 Februari 2021 lalu telah melalui tahapan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2022, Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Nasional tanggal 4 Maret 2021, dan diperkirakan pada 30 Maret 2021 secara simultan Musrenbang RKPD Kabupaten dan Kota se-Kalbar telah selesai dilaksanakan.

“Setelah kabupaten dan kota melaksanakan Musrenbang RKPD Tahun 2022 maka direncanakan pada Bulan April 2021 akan dilaksanakan Pramusrenbang dan Musrenbang RKPD Provinsi yang berlanjut terus sampai dengan penetapan RKPD Tahun 2022,” tuturnya. (*)
 

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved