Breaking News:

Ketua MUI Sanggau : Penyuntikan Vaksin Covid-19 Siang Hari di Bulan Ramadan Tak Membatalkan Puasa

Dikatakanya, Dikeluarkannya fatwa ini sebagai panduan bagi umat Islam agar dapat menjalankan puasa Ramadan dengan memenuhi kaidah keagamaan. 

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua MUI Sanggau, H. Nasri. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sanggau H Nasri menyampaikan  bahwa penyuntikan vaksin Covid-19 yang dilakukan pada saat umat muslim berpuasa tidak membatalkan ibadah puasa.

Hal itu disampaikannya mengingat tidak lama lagi umat muslim akan memasuki ibadah puasa ramadan 1442 H.

"Ini sesuai keputusan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Pusat yang dibahas beberapa hari lalu untuk memutuskan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada saat berpuasa. Ini menyusul beberapa minggu lagi kita umat muslim akan memasuki bulan Ramadan,"katanya, Senin 22 Maret 2021.

Dikatakanya, Dikeluarkannya fatwa ini sebagai panduan bagi umat Islam agar dapat menjalankan puasa Ramadan dengan memenuhi kaidah keagamaan. 

Baca juga: Launching Desa Sadar Kerukunan di Kelurahan Ilir Kota, Ini Pesan Wakil Bupati Sanggau

"Pada saat yang sama, ini dapat mendukung upaya mewujudkan herd immunity melalui vaksinasi Covid-19 secara masif,”tegasnya.

Jadi, lanjutnya, vaksin itu masuknya kedalam tubuh melalui otot dan tidak mengarah ke perut besar atau dalam bahasa figh itu al-jauf.

"Al-jauf itu artinya saluran yang mengarah ke perut besar. Jadi, berdasarkan pendapat para ulama, Vaksin itu tidak membatalkan puasa,"ujarnya.

Rais Syuriyah PCNU Sanggau itu menambahkan, Meskipun tidak membatalkan puasa, diharapkan penyuntikan vaksin yang dilakukan petugas kesehatan sebaiknya dilakukan pada malam hari. Pertimbangannya, jika dilakukan saat siang hari dikhawatirkan menyebabkan bahaya akibat lemahnya kondisi fisik. (*)

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved