PUSKOPCUINA Raih Kemenangan Lomba Desain Logo WARKOP UKM Kalbar, Berikut Makna Simbol Logo

Staf PUSKOPCUINA yang berhasil meraih kemenangan pada lomba itu terdiri dari tiga orang, diantaranya ada Staf Informasi dan Pengembangan.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Penjelasan Logo Warung Koperasi (WARKOP) Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Staf Puskop Kredit Union Indonesia (PUSKOPCUINA) telah berhasil memenangkan lomba desain logo Warung Koperasi (WARKOP) Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021.

Staf PUSKOPCUINA yang berhasil meraih kemenangan pada lomba itu terdiri dari tiga orang, diantaranya ada Staf Informasi dan Pengembangan.

Gandhiwiria, S.Kom,  Staf Tecnical Support Feliks Yudha, S.Kom dan Staf Tecnical support Tri Kukuh Tino David, S.Kom. Salah satu diantara mereka, Gandhiwiria mengungkapkan, bahwa pihaknya mulai merancang logo tersebut sejak Januari 2021 kemarin.

Baca juga: Edi Kamtono Harap Kota Pontianak Menjadi Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Berjalannya, waktu karena harus melalui tahapan-tahapan antara satu tim. Dalam proses persiapan selama satu bulan itu pun, diakuinya sempat mengajukan beberapa desain terbaik untuk diikut sertakan pada lomba tersebut.

"Setelah logo terakhir ini mungkin hanya tiga hari saja, namun untuk merangkum itu prosesnya kurang lebih satu bulan," ujarnya, Rabu 17 Maret 2021.

"Dari jabaran logo itu, sebenarnya salah satunya kami ingin menekankan bahwa ada ciri khas di UMKM, semuanya kami rangkum menjadi satu ketika teman-teman punya sebuah ekonik. Itu kita lihat bahwa ada unsur-unsur yang penting kami masukkan, salah satunya unsur tiga pilar," tambah Gandhiwiria.

Ia menjelaskan, pada desain logo tersebut menggunakan empat warna dasar, diantaranya warna merah, hijau, kuning dan biru.

Pada pembuatan logo ini juga melihat tiga aspek, diantaranya

Pertama, aspek Modern yaitu gaya, warna dan bentuk-bentuk dibuat dengan warna flat. 

Kedua, Unik yang menampilkan beberapa unsur dalam logo mengambarkan ciri khas daerah Kalimantan

Kemudian yang ketiga, yaitu Fleksibel pada aspek ini logo mudah dimplementasikan ke banyak media, baik baju, spanduk, kartu, cop dan lain sebagainya.

Simbol api, menandakan lambang energi. ada 3 pilar api yaitu menandakan tiga pilar CU diantaranya Pendidikan, Swadaya dan solidaritas.

Kemudian pada logo itu terdapat empat warna yang berwujud huruf U, yang memiliki makna berbeda-beda.

Pertama warna merah, melambangkan berani semangat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved