Breaking News:

Dinas Kesehatan Pontianak Rencanakan Vaksinasi Massal, Handanu: Kekurangan Tenaga Vaksinator

Handanu menyebutkan, tambahan 50 vaksinator yang dibutuhkan adalah orang yang memang paham di bidang tersebut.

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK/JOVI LASTA
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu, Senin 15 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Uuntuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung, Satgas Covid-19 Kota Pontianak membutuhkan tambahan 50 orang vaksinator 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pontianak Sidiq Handanu mengatakan, 50 orang atau lima tim vaksinator itu di luar yang sudah ada di 37 fasilitas kesehatan yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Kota Pontianak.

Menurutnya, tambahan vaksinator serta fasilitas vaksinasi diperlukan untuk mempercepat program vaksinasi. "Hambatannya yang pertama kekurangan tenaga vaksinator,"  kata Handanu kepada Tribun, Senin 15 Maret 2021.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi selama ini mengandalkan puskesmas dan rumah sakit, tetapi banyak masyarakat yang tidak datang. “Sehingga ke depannya kita perlu vaksinasi yang sifatnya massal dan diperlukan vaksinator yang banyak, kami sudah rapat terkait persiapan hal itu," kata Sidiq Handanu.

Handanu menyebutkan, tambahan 50 vaksinator yang dibutuhkan adalah orang yang memang paham di bidang tersebut.

"Sampai saat ini yang dilakukan dua sistem, pertama pos vaksinasi yang statis dan pos vaksinasi mobile dan vaksinasi massal yang baru," ungkapnya.

Baca juga: Kadiskes Kota Pontianak Ungkap Ada Beberapa Hambatan Vaksinasi Lansia

Handanu mencontohkan, kurangnya vaksinator menjadi kendala pelaksanaan vaksinasi kepada sekitar 17 ribu lansia di Kota Pontianak. Sebab hingga saat ini lansia yang sudah menerima vaksin baru sebanyak 3.570 orang.

Sedangkan untuk pelayanan publik kurang lebih 2.914 orang. "Ada ASN 1.092 orang, TNI 115 orang, Polri 575 dan tenaga pendidik kurang lebih 1.132 orang," ungkapnya.

Selama ini, Handanu mengungkapkan, pihaknya sudah dan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya program vaksinasi khususnya kepada lansia.

"Saya melihat ada beberapa yang sangat antusias, tapi ada masyarakat yang tidak antusias," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved