Breaking News:

Pariwisata dan UMKM Pemantik Pertumbuhan Perekonomian Kabupaten Bengkayang

Dari kolaborasi Pariwisata dan UMKM ini, lanjut Heru, dapat dengan cepat meningkatkan perekonomian masyarakat dan sekaligus menggerakkan peningkatan P

Penulis: Jovi Lasta
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis Resmikan Peluncuran Riam Jugan di Desa Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Minggu 14 Maret 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkayang dalam pengembangan sentral Pariwisata, Minggu 14 Maret 2021.

"Karena disitu ada pariwisata disitu pula akan tumbuh dan berkembang UMKM sesuai dengan potensi wisata itu sendiri," ujar Heru Pujiono.

Dari kolaborasi Pariwisata dan UMKM ini, lanjut Heru, dapat dengan cepat meningkatkan perekonomian masyarakat dan sekaligus menggerakkan peningkatan PAD.

Kemudian tidak kalah penting adalah pemasok kebutuhan bahan baku dari UMKM yang bertumbuh di lokasi-lokasi pariwisata.

"Maka sangat tepat kiranya inisiatif DPRD dalam upaya mendorong adannya Raperda Bela Beli Produk Bengkayang. Bahkan Bupati sangat mendorong adanya Raperda tersebut sebagai salah satu payung hukum implementasi Visi Misi dalam Percepatan Perwujudan SMART Desainkan dan Pengembangan Pariwisata untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Sejumlah Rumah Warga di Dusun Tainam Bengkayang Rusak Akibat Diterjang Angin Puting Beliung

Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi sudah mempersiapkan diri ketika Raperda tersebut disahkan. Selain akan memberikan jaminan kepada Pelaku UMKM, juga akan terjaminnya produk lokal yang akan dikonsumsi oleh masyarakat Bengkayang sendiri serta para wisatawan yang berkunjung.

"Kedepan bagaimana kebijakan Pemerintah Daerah mendorong agar lokasi-lokasi wisata juga menjual produk-produk lokal Bengkayang," tuturnya.

Pihaknya pun sudah mempersiapkan Raperda produk Bela Beli untuk meningkatkan sektor Umkm Pariwisata yang sedang dikembangkan dan diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

"Kami juga sudah merancang dan menyiapkan wadah dalam implementasi ketika Raperda Produk Bela Beli sudah disahkan berupa bengkayang.mart.id. Artinya ada sinergitas antara investasi dan produk lokal agar sama-sama tumbuh dan berkembang saling mengisi dalam kerangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutupnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved