Breaking News:

KAL Berikan Premi Minyak Sawit Berkelanjutan untuk Petani Kemitraan

Dalam pembaharuan sertifikasi RSPO, areal petani mitra KAL seluas 424.35 hektar telah ditambahkan menjadi ruang lingkup sertifikasi.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
KAL Berikan Premi Minyak Sawit Berkelanjutan untuk Petani Kemitraan Koperasi Laman Mayang Sentosa. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - PT Kayung Agro Lestari (KAL) satu diantara anak perusahaan dari produsen kelapa sawit grup PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang berlokasi di Ketapang, Kalimantan Barat menyerahkan pembagian premi minyak sawit berkelanjutan untuk petani kemitraan, Jumat 5 Maret 2021.

KAL memberikan premi sebesar Rp 324.406.159 kepada Koperasi Laman Mayang Sentosa yang menaungi sebanyak 624 petani yang menjadi mitra perusahaan karena sudah menjalankan praktik perkebunan yang berkelanjutan.

Perkebunan KAL merupakan perkebunan kelapa sawit yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dengan nomor keanggotaan 1 -0032-07-000-00.

Dalam pembaharuan sertifikasi RSPO, areal petani mitra KAL seluas 424.35 hektar telah ditambahkan menjadi ruang lingkup sertifikasi.

Sejak 11 November 2020, luas hektar dari kebun petani yang sudah tersertifikasi RSPO menjadi 1991 .97 hektar.

Dengan penambahan areal sertifikasi, potensi peningkatan nilai premi pada tahun 2021 dan tahun selanjutnya dapat meningkat.

Baca juga: Kejari Ketapang Eksekusi Putusan PN atas Pembayaran Denda Rp 1 M Terhadap PT SKM

Sebagai tanaman penghasil minyak nabati yang paling produktif, industri kelapa sawit harus mampu menghadapi berbagai tantangan dan isu negatif yang dilontarkan para produsen komoditas minyak nabati Iainnya.

Kemitraan perusahaan dan petani menjadi salah satu jawaban untuk menekan deforestasi dan memastikan pengelolaan ramah lingkungan berstandar internasional oleh petani kelapa sawit di Indonesia.

CEO ANJ, Istini T. Siddharta mengatakan bahwa pada tahun ini Koperasi Laman Mayang Sentosa telah berhasil meraih nominasi sebagai Koperasi Terbaik di Kabupaten Ketapang. Berkat keberadaan koperasi, desa Laman Satong berhasil naik dua peringkat menjadi Desa Maju dalam rating Desa Fokus.

Pembagian premi untuk Koperasi Laman Mayang Sentosa ini merupakan pembagian yang terbanyak, dimana akan menambah kemakmuran bagi 624 petani.

Halaman
123
Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved