Breaking News:

Dukung Pemerintah Cegah Karhutla, 8 UKM Untan Ajak Jaga Paru-paru Dunia Bumi Khatulistiwa

Delapan Organisasi kemahasiswaan Universitas Tanjungpura (Untan) mengajak kepada semua pihak agar bersama-sama menjaga paru-paru dunia di Bumi Khatuli

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kegiatan deklarasi UKM Untan dukung Pemerintah dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kalbar sekaligus pembagian masker secara gratis kepada masyarakat, di Bundaran Digulis Untan, Pontianak, Kalbar, Rabu 10 Maret 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam rangka mendukung upaya pemerintah melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Barat.

Delapan Organisasi kemahasiswaan Universitas Tanjungpura (Untan) mengajak kepada semua pihak agar bersama-sama menjaga paru-paru dunia di Bumi Khatulistiwa bebas dari Karhutla.

Dari delapan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Untan tersebut diantaranya, Mapala Untan, BEM Untan, BEM Kehutanan Untan, Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Untan, POBU Untan, Sarang Semut, BKMI Untan dan GeMa Peduli Untan.

Bentuk dukungan yang diberikan tersebut melalui gerakan bersama menyerukan penolakan terhadap aksi pembakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat. Mari kita jaga paru-paru dunia di Bumi Khatulistiwa. Bersama cegah Karhutla. 

Baca juga: Satgas Ops Preemtif Polres Kubu Raya Lakukan Pemasangan Spanduk Imbauan Karhutla

Demikian orasi yang disampaikan oleh delapan UKM Untan tersebut yang dilaksanakan di Bundaran Digulis Untan, pada Rabu 10 Maret 2021 sore.

Ketua Umum Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Untan, Arjun Farmando Saragih menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan, lantaran belum lama ini di Kalbar terjadi kebakaran yang tentunya dapat menyebabkan beberapa kerugian, baik kepada manusia maupun kepada lingkungan.

"Seperti yang kita ketahui sendiri kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan Barat khususnya, itu berdampak terhadap ekosistem kita, baik itu flora maupun fauna, terus kepada kita sebagai manusia, juga berdampak, baik itu di jarak pandang kita dan terus transportasi," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak kepada masyarakat agar bersama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Lantaran akibat dari Karhutla juga berdampak kepada manusia.

Sejauh ini, Ia menilai bahwa upaya yang dilakukan oleh pemerintah sudah cukup baik. Untuk itu, Mapala Untan yang memang bergerak di bidang konservasi, pihaknya mendukung atas upaya yang dilakukan pemerintah dalam mencegah Karhutla di Kalbar.

"Di sini juga, kita mendukung adanya upaya pemerintah dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan. harapan kami dari Mapala Untan agar kedepannya tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan khususnya di wilayah Kalimantan Barat," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved