1.074 Lansia di Pontianak Sudah Divaksin, Sidiq Handanu: Target Vaksin Semua Penduduk

Vaksinasi jalan terus, sesuai droping vaksin dari pusat. Semua penduduk targetnya divaksin

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD ROKIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu mejadi orang pertama disuntik vaksin Covid-19 di wilayah Kota Pontianak, di Puskesmas Kampung Bali Jalan Jenderal Urip Pontianak Kota, Kalbar, Kamis 14 Januari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak 1.074 orang di Kota Pontianak divaksin Covid-19. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu, masyarakat lanjut usia atau lansia 60 tahun ke atas.

"Yang sudah divaksin sampai tanggal 6 Maret 2021, lansia sebanyak 1.074 yang sudah divaksin dan pelayanan publik 337 orang, guru 1.016 orang," ungkap Sidiq Handanu kepada Tribun, Senin 8 Maret 2021.

Handanu menerangkan, bahwa vaksinasi lansia ini akan ditargetkan selesai pada Juli 2021. Sejauh ini terdapat 24 lansia yang tidak lolos skrining, sehingga batal divaksin.

Handanu mengatakan bahwa jumlah warga yang mendaftar maupun yang sudah divaksin terus berkembang secara dinamis.

"Vaksinasi jalan terus, sesuai droping vaksin dari pusat. Semua penduduk targetnya divaksin," ungkapnya.

Pelaksanaan vaksinasi kepada lansia dilakukan di semua puskesmas yang ada di Kota Pontianak. Sedikitnya ada 23 puskesmas di Kota Pontianak ditambah 14 fasilitas kesehatan lainnya yang melayani vaksinasi Covid-19.

Handanu memastikan, bahwa tenaga kesehatan di puskesmas maupun fasilitas kesehatan yang ada di Kota Pontianak siap melayani vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Baca juga: 17 Ribu Lansia Ditargetkan Vaksinasi Covid-19, Harisson: Dilakukan di Puskesmas Sesuai Domisili

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan bahwa dari jumlah kuota vaksin yang diberikan kepada Kota Pontianak sebanyak kurang lebih 17 ribu vial vaksin untuk lansia. Jumlah vaksin yang diterima saat ini masih jauh kurang dibanding warga Pontianak.

"Dari jumlah 17 ribu vaksin ini kurang untuk penduduk di Pontianak. Penduduk di Pontianak yang usia di atas 17 tahun saja jumlahnya 400 ribu jiwa. Sementara itu 17 ribu dibagi dua kali suntikan vaksin," ujarnya.
Edi menerangkan, bahwa vaksinasi kepada lansia dan pelayanan publik di Kota Pontianak hingga kini sedang berlangsung.

Edi Kamtono menginginkan bahwa vaksinasi tersebut bisa segera selesai sehingga semua masyarakat Kota Pontianak bisa menerima vaksin.

"Vaksinasi sedang berjalan yang diprioritaskan lansia dan pelayanan publik termasuk guru. Kita mau cepat eksekusi supaya banyak yang divaksin," ungkapnya

Tanpa Penolakan
Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin menilai bahwa vaksinasi kepada lansia maupun kepada pelayanan publik di Kota Pontianak sampai saat ini sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Satarudin mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak telah ada ribuan lansia dan petugas pelayan publik yang sudah divaksin.

"Vaksinasi di Kota Pontianak sampai saat ini sudah berjalan baik dan semua sudah divaksin," ujarnya, Senin 8 Maret 2021.

Menurutnya, hingga saat ini masih belum didapatkan informasi penolakan dari masyarakat terkait vaksinasi lansia dan pelayanan publik.

Hal tersebut menurutnya menjadi penilaian bahwa memang vaksinasi berjalan dengan baik.

Meskipun demikian ia tetap menyarankan agar protokol kesehatan Covid-19 tetap diterapkan secara ketat.

"Walaupun sudah divaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved