Breaking News:

BNPB Siagakan 1 Unit Helikopter Guna Water Bombing di Kalbar

Helikopter ini akan betugas melakukan pemadaman kebakaran lahan di titik - titik yang tidak dijangkau Pemadam melalui jalur darat.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ferryanto
Kedatangan Helikopter Berjenis Kamov KA 32 buatan Rusia bantuan dari BNPB ke Kalbar guna proses Penanganan Kebakaran Lahan di Kalbar, di Lanud Supadio Pontianak, Jumat 5 Maret 2021. Tribun Pontianak Ferryanto. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengirimkan satu unit helikopter ke Kalbar (Kalimantan Barat) guna Proses penanggulangan kebakaran Lahan di Kalbar.

Helikopter Jenis Kamov KA 32 C tersebut datang ke Kalbar pada Jumat 6 Maret 2021 sekira pukul 16.45 WIB dan langsung mendarat di Lanud Supadio.

Serah terima Helikopter yang bakal digunakan untuk Waterbombing ke lokasi lahan terbakar itu dipimpin langsung oleh Kepala BPBD Provinsi Kalbar Lumano.

Lumano mengatakan bahwa beberapa waktu lalu Gubernur Kalbar sudah mengirimkan surat ke BNPB untuk proses permohonan bantuan Helikopter guna Waterboombing dan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca), dan saat ini bantuan Helikopter telah disetujui.

Baca juga: BPBD Sekadau Sebut Sebaran Hotspot di Sekadau Merata Setiap Tahunnya

Nantinya Helikopter buatan Rusia ini akan bersiaga di Kalbar hingga status siaga darurat bencana kebakaran lahan di Kalbar berakhir, Siaga Darurat Karhutla di Kalbar yakni sejak 18 Februari hingga30 November 2021.

Helikopter ini akan betugas melakukan pemadaman kebakaran lahan di titik - titik yang tidak dijangkau Pemadam melalui jalur darat.

"untuk sementara satu unit bantuan Helikopter untuk Waterbombing, dan nanti bisa menyusul lagi melihat situasi dan kondisi di Kalbar,"ujarnya.

Terkait TMC dan Waterboombing dikatakan Lumano merupkan kebijakan penuh dari BNPB, daerah hanya mengajukan permohonan.

Kemudian, terkait Operasional Waterboombing maupun TMC yang dikenal cukup tinggi, Lumano menjelaskan seluruhnya akan ditanggung oleh Pusat. (*)

Penulis: Ferryanto
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved