Breaking News:

Hari Alam Liar Sedunia, Menlu Amerika Serikat Antony J Blinken Serukan Cegah Deforestasi

Menlu AS Antony J Blinken, menegaskan kita perlu berbuat lebih banyak untuk melindungi hutan. Kebakaran hutan, pembalakan liar mendorong deforestasi

IST/US Embassy in Moscow
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony J Blinken 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony J Blinken, menegaskan kita perlu berbuat lebih banyak untuk melindungi hutan kita. Kebakaran hutan, perluasan pertanian yang tidak berkelanjutan serta praktik-praktik yang merusak, termasuk pembalakan liar, mendorong deforestasi.

Pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony J Blinken, tersebut dalam rangka Hari Alam Liar Sedunia atau World Wildlife Day yang jatuh pada Rabu, 3 Maret 2020.

Peringatan World Wildlife Day ditetapkan oleh Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). World Wildlife Day merupakan kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan nilai penting satwa, flora, dan kehidupan liar dunia, terutama yang terancam punah dan dilindungi.

Antony J Blinken, mengatakan pada Hari Alam Liar Sedunia ini, kita menyadari pentingnya hutan dunia, yang merupakan rumah bagi 80 persen keanekaragaman hayati darat di dunia dan berkontribusi pada mata pencaharian lebih dari satu miliar orang.

“Mereka juga menyerap hampir sepertiga dari semua emisi karbon dioksida yang memanaskan planet secara global setiap tahunnya. Dari air tawar yang kita minum, makanan yang kita makan, hingga udara yang kita hirup, hutan memberikan manfaat penting bagi manusia dan satwa liar,” Menlu AS, Antony J Blinken, dalam rilis yang dikirim Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta ke redaksi Tribun Pontianak.

Antony J Blinken, mengatakan, “Kita perlu berbuat lebih banyak untuk melindungi hutan kita. Kebakaran hutan, perluasan pertanian yang tidak berkelanjutan serta praktik-praktik yang merusak, termasuk pembalakan liar, mendorong deforestasi. Akibatnya, penggundulan hutan merampas habitat satwa liar, merampas mata pencaharian masyarakat, serta memperburuk krisis iklim.”

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony J Blinken, menambahkan, kabar baiknya adalah kami berkomitmen untuk mendukung hutan yang lebih tangguh dan melindungi mata pencaharian serta planet ini.

“Dengan melestarikan habitat, memerangi pembalakan liar dan perdagangan satwa liar, berarti membuka peluang pendekatan pertanian berkelanjutan, dan juga mendorong negara-negara untuk menutup pasar satwa liar yang berisiko tinggi bagi manusia terjangkiti penyakit yang dapat ditularkan hewan, kami melindungi kesehatan manusia dan hewan,” kata Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony J Blinken.

“Dengan melestarikan dan memulihkan hutan, kita melindungi "penyerap" karbon yang penting, melestarikan keindahan alami bumi, dan memberikan manfaat ekonomi bagi generasi yang akan datang,” tandas Antony J Blinken.

Penulis: Stefanus Akim
Editor: Stefanus Akim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved