140 Anggota Kodim 1202 Singkawang Divaksinasi, Dandim: Semangkin Maksimal Malayani Masyarakat

Anggota TNI AD, kata Dandim, menjadi sasaran vaksin tahap II lantaran tergolong dalam profesi yang berhubungan dengan pelayanan publik sehingga vaksin

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Anggota Kodim 1202/Skw, Rama saat menerima suntikan vaksin Sinovac di Rumah Sakit DKT TK IV Jalan R.A Kartini, Kelurahan Sekip Lama, Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat 5 Maret 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Dandim 1202/Skw Letkol Inf Condro Edi Wibowo mengatakan sebanyak 140 personel Kodim 1202/Skw mengikuti vaksinasi tahap II suntikan pertama di Rumah Sakit DKT TK IV Jalan R.A Kartini, Kelurahan Sekip Lama, Singkawang, Kalimantan Barat dimulai pada Kamis 4 Maret 2021 kemarin.

Dandim menerangkan, keikutsertaan personel Kodim ini sebagai upaya untuk turut serta menyukseskan program vaksinasi dari Pemerintah.

Anggota TNI AD, kata Dandim, menjadi sasaran vaksin tahap II lantaran tergolong dalam profesi yang berhubungan dengan pelayanan publik sehingga vaksinasi ditargetkan pada seluruh Babinsa dan petugas penegak disiplin protokol kesehatan.

"Pentingnya vaksinasi semua Babinsa yang ada di Kodim Singkawang sehingga diharapkan tugas pokok mereka usai vaksinasi ini semakin baik, kekebalan tubuh mereka semangkin bagus sehingga melayani masyarakat juga semangkin maksimal,” jelas Dandim kepada wartawan, Jumat 5 Maret 2021.

Baca juga: 17 Ribu Lansia Ditargetkan Vaksinasi Covid-19, Harisson: Dilakukan di Puskesmas Sesuai Domisili

Selain itu, pelaksanaan vaksinasi bagi para TNI ini dia katakan sudah sesuai SOP Rumah Sakit, dimana proses vaksinasi dibagi dalam empat meja yaitu pendaftaran, skrining, penyuntikan vaksin dan monitoring.

Anggota yang belum memenuhi syarat vaksin, Dandim katakan, akan terdeteksi di meja skrining dan diberi keterangan untuk menunda ataupun belum dapat mengikuti vaksinasi.

"Peserta akan diberikan warna kartu, jika memenuhi syarat diberi kartu hijau, jika ditunda sementara misal ada penyakit penyerta atau komorbit yang memerlukan pengobatan diberikan kartu warna kuning,dan apabila sama sekali tidak memenuhi syarat memiliki komorbid seperti penyakit jantung diberi warna kartu merah," jelasnya.

Sementara saat ini Rumah Sakit DKT TK IV Singkawang mendapatkan sedikitnya 170 dosis vaksin untuk sasaran 140 orang anggota untuk pelaksanaan vaksin yang nantinya melibatkan personel kodim1202/Singkawang. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved