Breaking News:

Kapolres Mempawah Tetap Imbau Masyarakat Tidak Lakukan Pembakaran Hutan dan Lahan

Dikatakan Kapolres, dalam pemberian himbauan, pihak Kepolisian akan mengedepankan tindakan persuasif dan humanis melalui Bhabinkamtibmas yang ada di s

TRIBUNPONTIANAK/RAMADHAN
Polres Mempawah gelar Press Release Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di wilayah hukum (Wilkum) Polres Mempawah, Rabu 3 Maret 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah mengimbau kepada masyarakat Mempawah agar tidak membakar hutan dan lahan pada saat musim kemarau ini.

"Kita harapkan kepada masyarakat untuk saat ini jangan sampai melakukan pembakaran hutan maupun lahan, yang nantinya dikhawatirkan akan mengakibatkan dampak yang lebih luas yakni kebakaran," katanya, Rabu 3 Maret 2021.

Dikatakan Kapolres, dalam pemberian himbauan, pihak Kepolisian akan mengedepankan tindakan persuasif dan humanis melalui Bhabinkamtibmas yang ada di setiap Desa.

"Kita selalu memberikan himbauan, dan akan melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat melalui Bhabinkamtibmas kita.

Baca juga: Polres Mempawah Tetapkan Tiga Tersangka Pelaku Karhutla di Kabupaten Mempawah

Serta himbauan larangan membakar hutan dan lahan juga kita gencarkan melalui spanduk yang kita pasang, dan memalui media sosial," jelas Kapolres.

Lebih lanjut kata Kapolres, Kepolisian tidak akan segan-segan memberikan tindakan tegas, bagi oknum masyarakat yang melakukan pembakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kita juga tidak akan segan-segan melakukan tindakan represif jika ditemukan oknum yang melakukan pembakaran hutan dan lahan. Apalagi mengingat dampak akibat karhutla ini sangat begitu luas," tegasnya.

Kapolres mengatakan, dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan sangatlah besar.

"Kita juga khawatirkan dampak dari kebakaran tersebut yakni, menimbulkan penyakit pada saluran pernafasan (ISPA).

Serta dari polusi tersebut juga mengganggu transportasi penerbangan, setelah itu dapat merusak ekosistem hutan, dan masih banyak yang lainnya," jelasnya lagi.

Kapolres kembali menegaskan untuk semua pihak tetap menjaga lingkungan. Jangan sampai melakukan pembakaran hutan dan lahan, yang nantinya berdampak buruk.

"Ingat, Stop pembakaran hutan, kebun dan lahan," pungkas Kapolres. (*)

Penulis: Ramadhan
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved