Breaking News:

2021 DPMD Kapuas Hulu Target 20 Desa Tertinggal ke Berkembang

Dijelaskannya, bahwa salah satu indikator desa tertinggal yaitu belum bisa di akses secara maksimal melalui jalan darat salah satu contoh seperti seju

TRIBUNPONTIANAK/SAHIRUL HAKIM
Kepala DPMD Kabupaten Kapuas Hulu, Alifiansyah. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Hulu, dari jumlah 278 desa di Kabupaten Kapuas Hulu, masih terdapat 47 desa berstatus sebagai desa tertinggal.

"Sebanyak 47 desa berstatus tertinggal akan segera kami tuntaskan. Dimana kami targetkan tahun 2021 ini akan menuntaskan sekitar 20 desa tertinggal ke desa berkembang," ujar Kepala DPMD Kapuas Hulu Alifiansyah kepada wartawan, Rabu 3 Maret 2021.

Dijelaskannya, bahwa salah satu indikator desa tertinggal yaitu belum bisa di akses secara maksimal melalui jalan darat salah satu contoh seperti sejumlah desa di Kecamatan Silat Hulu, Silat Hilir dan Embaloh Hilir.

"Akses jalan sudah ada, tetapi kondisinya mengalami kerusakan dan tidak bisa diakses seperti jalan pada umumnya," ucapnya.

Baca juga: Bupati Fransiskus Diaan Akan Evaluasi Kinerja Aparatur di Kapuas Hulu

Terkait desa berkembang di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, ada 184 desa, desa mandiri sebanyak 19 desa dan desa maju sebanyak 36 desa.

"Untuk target desa mandiri tahun 2021 dengan berbagai indikator dan bekerjasama dengan sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, serta pengembangan Badan usaha milik desa," ujarnya.

Alifiansyah menuturkan, kalau pihaknya akan terus berupaya mendorong dari desa tertinggal, berkembang, mandiri hingga menuju desa maju.

"Tentu itu mesti ada dukungan sejumlah pihak terkait termasuk juga peran penting dari tiga pilar di desa," ungkapnya. (*)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved