Breaking News:

Pemkab Ketapang Tetapkan Status Siaga Kabut Asap

Menurut Martin, dengan ditetapkannya siaga kabut asap di Kabupaten Ketapang, dapat menjadi referensi pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemerintah Pusat u

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Ketapang, Martin Rantan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Pemerintah Kabupaten Ketapang secara resmi menetapkan status siaga kabut asap untuk wilayah Kabupaten Ketapang, Senin 1 Maret 2021.

Hal itu dilakukan mengingat Kabupaten Ketapang menjadi satu diantara daerah di Kalimantan Barat yang rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang berdampak pada kualitas udara.

"Melalui atensi bapak Gubernur, Pemerintah Kabupaten Ketapang, kita merespon supaya Kabupaten Ketapang ini ditetapkan sebagai siaga kabut asap, hal ini karena memang potensi Karhutla di Ketapang masih tinggi intensitasnya," kata Bupati Ketapang, Martin Rantan.

Menurut Martin, dengan ditetapkannya siaga kabut asap di Kabupaten Ketapang, dapat menjadi referensi pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Ia pun menyebut, penanganan kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap tidak dapat ditanggulangi oleh Kabupaten secara mandiri, namun harus terintegrasi antara Pemprov dan Pemerintah Pusat.

Baca juga: Akibat Bicara Terlalu “Ngegas”, Pria di Kendawangan Meninggal Dunia Dibacok Oleh Temannya Sendiri

"Ini bisa menjadi referensi Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk memberikan bantuan. Tetapi kalau kita misalnya tidak ada status siaga kabut asap, tiba-tiba kita minta bantuan, susah. Jadi kita tetapkan dulu, dengan tujuan ini bisa direspon oleh pemerintah pusat," ujar Martin yang baru saja dilantik akhir Februari lalu.

Selain Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sanggau juga menjadi kabupaten yang menetapkan siaga kabut asap di Kalimantan Barat.

Untuk itu, Martin berharap Kabupaten Kubu Raya juga dapat segera menetapkan siaga kabut asap ini karena memang saat ini Kubu Raya menjadi daerah yang rawan kabut asap akibat Karhutla.

"Harusnya Kubu Raya juga (menetapkan siaga kabut asap) karena di sana banyak gambut juga. Jadi mudah-mudahan Bupati Kubu Raya juga segera menetapkan," pungkasnya. (*)

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved