Breaking News:

JADWAL Hari Tanpa Bayangan Selasa 2 Maret 2021 3 Daerah Pukul 11.50 WIB Cara Cek Hari Tanpa Bayangan

Hari tanpa bayangan adalah fenomena ketika matahari berada tepat di posisi tertinggi di langit. Fenomena ini disebut juga sebagai "Kulminasi Utama".

TRIBUNPONTIANAK/Syahroni
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Kapolda Kalbar, Didi Haryono, Dandin 1207/BS dan Kapolresta Pontianak mendirikan telur, Minggu 22 September 2019 silam. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan bahwa mulai, Maret hingga April 2021, sejumlah daerah di Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan.

Hari tanpa bayangan adalah fenomena ketika matahari berada tepat di posisi tertinggi di langit. Fenomena ini disebut juga sebagai "Kulminasi Utama".

"Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit.

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang dalam keterangan resminya melalui laman edukasi sains lapan menyampaikan:

Matahari akan berada di atas Indonesia ketika tengah hari pada pekan keempat di bulan Februari hingga pekan pertama di bulan April.

Baca juga: Daftar Wilayah Indonesia Alami Kulminasi Utama ! Cek Tanggal Kulminasi / Hari Tanpa Bayangan Kotamu

"Ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga ketika tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan Matahari," jelas dia.

Andi menuturkan, hari tanpa bayangan Matahari di sebagian besar wilayah Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun, tepatnya di kota-kota yang terletak di antara Garis Balik Utara (23.4 derajat Lintang Utara) dan Garis Balik Selatan (23,4 derajat Lintang Selatan).

Sedangkan, untuk kota-kota yang terletak tepat di Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan akan mengalami hari tanpa bayangan hanya sekali dalam setahun yaitu ketika Solstis Juni (21-22 Juni) maupun Solstis Desember (21-22 Desember).

"Di luar wilayah tersebut, Matahari tidak akan berada di atas kepala kita (zenit) ketika tengah hari sepanjang tahun," ujarnya.

Baca juga: Puncak Kulminasi Matahari di Pontianak, Ini Kata Peneliti LAPAN

Berikut daftar wilayah hari tanpa bayangan di Indonesia tahun 2021 yang telah disesuaikan menggunakan Delta T = 69 detik:

Halaman
1234
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved