Breaking News:

Dinilai Kurang Sosialisasi, BKSDA Kalbar: Petugas di Lapangan Memiliki Tugas Penyadartahuan Melekat

Ketidaktahuan Jumardi atas hal itu dikatakan Angga Marta selaku koordinator aksi lantaran BKSDA yang kurang melakukan sosialisasi.

TRIBUNPONTIANAK/FERRYANTO
Kepala BKSDA Kalbar Sadtata Noor Adirahmanta saat temui peserta aksi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Seorang warga Sambas bernama Jumardi ditangkap aparat penegak hukum lantaran menjual burung Bayan yang dilindungi.

Atas hal tersebut, sejumlah masa dari Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Kabupaten Sambas menggelar aksi di Kantor BKSDA Kalbar menuntut Jumardi di bebaskan.

Masa menilai, Jumardi tidak layak di hukum lantaran dirinya tidak mengetahui bahwa burung yang di jualnya hewan dilindungi.

Ketidaktahuan Jumardi atas hal itu dikatakan Angga Marta selaku koordinator aksi lantaran BKSDA yang kurang melakukan sosialisasi.

Baca juga: Warga Sambas Ditangkap Karena Jual Burung Dilindungi, Puluhan Massa Geruduk Kantor BKSDA Kalbar

Menanggapi hal tersebut, Kepala BKSDA Kalimantan Barat Sadtata Noor Adirahmanta menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi di berbagai wilayah Kalbar.

Baca juga: Geruduk Kantor BKSDA Kalbar, Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Sambas Tuntut Jumardi Bebas

Selain melakukan sosialisasi secara langsung, pihaknya juga melakukan sosialisasi melalui berbagai media masa, maupun media sosial.

"Bahkan, bagi kami, yang namanya sosialisasi itu tidak berbasis anggaran, kita punya tenaga dilapangkan, mereka bila dilapangan, tanpa anggaran pun tetap melakukan sosialisasi, mereka memiliki tugas penyadartahuan kepada masyarakat secara melekat,"ujarnya.

Pada kesempatan ini, Sadtata menjelaskan bahwa perlindungan terhadap satwa liar bukan hanya terkait keterancaman punah suatu satwa, namun juga dalam menjaga kekayaan sumber daya genetik dari satwa itu sendiri. (*)

Penulis: Ferryanto
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved