Breaking News:

BMKG Ungkap Potensi Hujan Es di Wilayah Kalbar dan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Rabu 3 Maret 2021

Pantauan satelit cuaca pagi ini Selasa 2 Maret 2021 menunjukkan adanya pertumbuhan awan penghujan di sebagian wilayah Kab/Kota di Kalimantan Barat.

KOMPAS.com/IWAN BAHAGIA SP
Ilustrasi hujan es. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak (BMKG Kalbar) memprediksi potensi terjadinya hujan di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar).

Menurut BMKG, berdasarkan pantauan citra radar cuaca satu hari terakhir menunjukkan kondisi secara umum berawan dan terjadi hujan di sebagian wilayah Kalbar.

Pantauan satelit cuaca pagi ini Selasa 2 Maret 2021 menunjukkan adanya pertumbuhan awan penghujan di sebagian wilayah Kab/Kota di Kalimantan Barat.

"Prakiraan garis angin pada ketinggian 3.000 feet hari ini, terdapat pola belokan angin yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Kalimantan Barat,'' tulis BMKG dalam akun Instagram Info BMKG Kalbar.

BMKG menyatakan, model potensi hujan mengindikasikan hingga 6 hari ke depan masih berpotensi hujan di wilayah Kalbar.

Baca juga: Bupati Muda Upayakan Percepatan Pembuatan Parit, Cegah Ancaman Karhutla Menyebar

Hujan intensitas ringan hingga lebat secara hampir merata diprakirakan terjadi pada tanggal 3 Maret sampai dengan 9 Maret 2021.

Dalam pernyataannya, BMKG juga menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem.

''Waspadai potensi hujan ringan hingga lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat tanggal 3 sampai dengan 6 Maret 2021," tulis BMKG.

Masih menurut sumber yang sama, setelah sekian lama tak hujan gini biasanya hujannya nanti disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

''Biasanya ada potensi hujan es juga. Tapi hujan es ataupun puting beliung tersebut terjadinya secara cepat, jadi sangat susah diprediksikan,'' ungkap BMKG.

Baca juga: dashboard prakerja go id Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13 Buka, Hindari Kesalahan Ini saat Daftar

Halaman
12
Penulis: Nasaruddin
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved