Breaking News:

Terlalu Sering Bikin Tubuh Mudah Terinfeksi, Pakar Sarankan Frekuensi Ideal Mandi Dalam Sehari

Kondisi kulit setiap orang berbeda-beda dan dapat berubah mengikuti musim atau perubahan cuaca di lingkungan kita masing-masing.

Thinkstockphotos.com
Ilustrasi Pakar Sarankan Frekuensi Ideal Mandi Dalam Sehari. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Banyak orang sepertinya mempertanyakan frekuensi ideal mandi dalam sehari, sebetulnya enggak ada penjelasan ilmiah yang pasti mengenai seberapa sering kita harus mandi setiap harinya.

Kondisi kulit setiap orang berbeda-beda dan dapat berubah mengikuti musim atau perubahan cuaca di lingkungan kita masing-masing.

Makanya, yang terpenting adalah mengetahui persoalan tubuh kita sendiri dan mengerti kebutuhan serta batas toleransi kulit kita.

Tapi yang jelas, para ahli enggak menyarankan kita mandi terlalu sering, lho. Kenapa ya?

Baca juga: Bisa Sebabkan Kerusakan Jantung, Jam-jam Dilarang untuk Mandi

Kalau kita mudah merasa tubuh kotor dan berkeringat, mungkin kita butuh mandi dua kali sehari dan itu pun sebenarnya enggak masalah.

Dampak Mandi Terlalu Sering

Menurut Healthline, kebiasaan mandi terlalu sering dan dengan cara yang salah dapat membuat kulit gatal-gatal, kering dan mengelupas, inflamasi yang menyebabkan eksim dan psoriasis, serta kulit rapuh.

Pasalnya, kulit yang terlalu sering digosok dan terkena air, khususnya air hangat atau panas, dapat kehilangan minyak esensialnya dan menyebabkan kulit dehidrasi.

Kulit yang terpapar sabun dan air berlebihan dapat membuang lapisan pada kulit yang membantu melindungi kulit dari sumber kontaminasi kotoran di luar tubuh serta mencegahnya kering dan gatal-gatal.

Sedangkan jika kita memiliki kondisi kulit seperti psoriasis, mandi lebih dari sekali per hari bahkan dapat membuat kulit terasa seperti terbakar.

Halaman
123
Editor: Mirna Tribun
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved