Breaking News:

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim Berpotensi Terjadi di Kalbar Mulai 3 Maret Hingga 9 Maret 2021 Mendatang

BMKG Kalbar melalui Kepala Seksi Data dan Informasi,Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak, Sutikno menyampaikan potensi cuaca ekstrem ini akan

Shutterstock
Ilustrasi cuaca ekstrem 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi cuaca ekstrem di Kalbar.

BMKG Kalbar melalui Kepala Seksi Data dan Informasi,Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak, Sutikno menyampaikan potensi cuaca ekstrem ini akan terjadi pada tanggal 3 hingga 9 Maret 2021.

Waspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem mulai tanggal 3 maret 2021, yaitu hujan intensitas lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Baca juga: Walikota Edi Kamtono Minta Dandim Pontianak Tambah Personil Tangani Karhutla

Waspadai potensi angin kencang yang biasa terjadi pada siang hingga sore atau menjelang malam. Waspadai potensi terjadinya genangan, banjir ataupun tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat ke depan

"Diprakirakan hujan intensitas ringan hingga lebat akan terjadi di sebagian besar wilayah Kalbar mulai tanggal 3 Maret 2021. Potensi hujan tersebut diprakirakan masih akan berlangsung hingga tanggal 9 Maret 2021. Diprakirakan potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada kategori aman mulai tanggal 4 maret 2021,"ujarnya, Senin 1 Maret 2021.

Kendati demikian, kepada Masyarakat ia menghimbau untuk tetap tidak melakukan kegiatan pembakaran hutan dan lahan.

Dijelaskannya, Berdasarkan monitoring curah hujan dasarian III Februari 2021 sebagian besar wilayah Kalbar curah hujan pada ketegori Rendah (kurang dari 50mm/dasarian), dengan Lama hari tanpa hujan di sebagian wilayah mencapai 20 – 30 hari. 

Jumlah akumulasi titik panas  selama bulan Februari 2021 di Kalbar sebanyak 2.201 titik, dimana 209 titik diantaranya kategori tingkat kepercayaan tinggi.

Sementara itu, Jarak pandang di Bandara Supadio juga terpengaruh adanya asap mulai tanggal 10 februari 2021 hingga hari ini.

Tanggal 28 Februari 2021 telah terjadi hujan di sebagian wilayah Kalbar, antara lain di sebagian Kab./Kota : Kubu Raya, Pontianak, Landak, Bengkayang, Sambas, Ketapang, Sangau, Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu. Wilayah yang terjadi hujan tersebut belum luas atau belum merata, sehingga masih perlu diwaspadai potensi mudahnya terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kalbar hingga tanggal 3 Maret 2021. (*)

Penulis: Ferryanto
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved