Breaking News:

Produk Kain Tenun Sidan Kapuas Hulu Akan Ditampilkan di Smesco Jakarta

“Tenun Sidan dari Kapuas Hulu inilah yang akan diangkat menjadi produk unggulan karena banyak yang tertarik dari luar.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Contoh desain baju dengan menggunakan paduan dasar kain Tenun Sidan asal Kapuas Hulu yang dipajang di Dekranasda Provinsi Kalbar.//IST 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat mempunyai produk unggulan yang akan dipromosikan sampai tingkat nasional yakni kain tenun Sidan asal Kapuas Hulu.

Hilfira Hamid selaku Sekretaris II Dekranas Provinsi menjelaskan bahwa tahun 2021 yang menjadi produk unggulan Dekranasda Provinsi Kalbar adalah anyaman dan tenun yang sudah terkenal seperti tenun asal Sambas , Sintang dan Kapuas Hulu.

“Tenun Sidan dari Kapuas Hulu inilah yang akan diangkat menjadi produk unggulan karena banyak yang tertarik dari luar. Produk inilah yang akan kita angkat,” ujarnya kepada Tribun Pontianak kemarin.

Selain itu produk unggulan tenun tersebut juga akan ditampilkan di Smesco untuk dipromosikan ditingkat nasional.

Baca juga: Dekranasda dan Diskop UKM Provinsi Sinergi Sukseskan Program Warkop UKM

“Kita akan kenalkan tenun Sidan dan tenun dari sintang serta kerajinan anyaman karena kita tidak kalah dari provinsi lain,” ujarnya.

Ia melihat potensi di nasional juga sudah mulai dilirik dipasaran seperti tenun Sidan dan beberapa jenis tenun lainnya asal Kalbar.

Selain itu, Dekranasda juga akan bersinergi dengan Diskop UKM Provinsi Kalbar dalam program warung UKM.

“Dalam waktu dekat kita akan membuka koperasi UMKM yang ada di lokasi Perusda. Semoga bisa menjadi pemicu Warung UMKM yang juga akan didirikan di kabupaten Sambas, Kayong Utara, Melawi, Kubu Raya,” harapnya.

Ia berharap empat kabupaten sebagai percontohan program Warung UMKM bisa menjadi contoh untuk kabupaten lainnya.

“Karena untuk mempromosikan dan mengangakat produk jangan hanya disatu tempat saja dan harus sinergi dengan dinas lain. Kita harap produk kita bisa sampai ke nasional bahkan internasional,” pungkasnya. (*)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved