Breaking News:

Wawako Singkawang Irwan Imbau Korporasi Tidak Membuka Lahan Dengan Cara Dibakar

Irwan menilai apel gabungan ini merupakan cara yang baik dalam meningkatkan sinergitas antara stakeholder terkait untuk mencegah dan mengantisipasi Ka

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan saat diwawancarai awak media, Kamis 25 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG – Kodim 1202/Skw bersama Pemerintah Kota Singkawang, Polres Singkawang, Manggala Agni, Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS) Kota Singkawang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang, melaksanakan apel gelar pasukan dan perlengkapan dalam rangka siaga darurat bencana alam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di lapangan Makodim Jl. Alianyang, Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat, Kalbar pada Kamis 25 Februari 2021 pagi.

Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan menerangkan, dalam upaya menghadapi bencana Karhutla, Pemerintah Kota Singkawang selalu mengedepankan pencegahan, karena hampir sebagian besar Karhutla diakibatkan oleh tangan manusia.

Irwan menilai apel gabungan ini merupakan cara yang baik dalam meningkatkan sinergitas antara stakeholder terkait untuk mencegah dan mengantisipasi Karhuta di Kota Singkawang khususnya.

Baca juga: Kodim Singkawang Gelar Apel Siaga Bencana Gabungan, Dandim Yakinkan Peralatan dan Anggota Siap

“Dan kami juga berharap masyarakat secara mandiri melakukan antisipasi dan membantu dalam hal pengawasan,” kata Irwan.

Dia mengimbau kepada masyarakat khususnya korporasi untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Irwan mengingatkan adanya peraturan Presiden yang menyatakan dengan tegas akan mengambil tindakan apabila ada perbuatan-perbuatan yang dianggap kriminal tanpa kompromi.

“Dan ini akan dilakukan oleh aparat penegak hukum,” terangnya.

Pada apel gabungan siaga bencana ini, kemampuan anggota gabungan juga diuji secara langsung dengan memadamkan api menggunakan peralatan yang telah tersedia di halaman Kodim 1202/Skw. (*)

Penulis: Rizki Kurnia
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved