Breaking News:

Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, Dewan Pers dan PWI Siap Gelar UKW 

seluruh peserta yang akan mengikuti UKW pada 27-28 Februari 2021 wajib melakukan swab Antigen pada 27 Februari. Ini untuk memastikan

ISTIMEWA
Dewan Pers bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi wartawan Kalimantan Barat pada 27-28 Februari 2021. 

PONTIANAK - Dewan Pers bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi wartawan Kalimantan Barat pada 27-28 Februari 2021.

Ketua PWI Kalimantan Barat Gusti Yusri mengatakan sebagai lembaga yang ditunjuk menyelenggarakannya maka persiapan pun sudah final.

Meskipun kali ini penyelenggaraan UKW masih di tengah pandemi. Maka seluruh rangkaian kegiatan dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Baca juga: Dewan Pers Ingatkan Kode Etik Wartawan di Tahun Politik

Adapun total peserta UKW sebanyak 50 orang. Masing-masing ada 7 kelas muda, 1 kelas madya dan 1 kelas utama.

Untuk metode pelaksanaan, lanjut Gusti Yusri, yakni kegiatan sebagian dilaksanakan secara daring.

Seperti untuk Pelatihan Jurnalistik Dewan Pers yang dilakukanan pada 18 Februari lalu sebagai pendahuluan.

Lalu untuk pengujian UKW dilaksanakan secara langsung pada 27-28 Februari di Hotel Aston Pontianak.

Baca juga: Delapan Media Massa di Kapuas Hulu Terdaftar di Dewan Pers  

Gusti Yusri Kemabli menegaskan seluruh rangkaian kegiatan UKW akan mengikuti prosedur protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

" Seluruh peserta yang akan mengikuti UKW pada 27-28 Februari 2021 wajib melakukan swab Antigen pada 27 Februari. Ini untuk memastikan seluruh peserta aman dan bisa mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya," tegas Gusti Yusri.

Selanjutnya untuk mekanisme pelaksanan UKW secara langsung ini nantinya per kelas akan berisikan 6 orang. Penyelenggara juga akan menggunakan ruang Kalimantan Ballroom Hotel Aston Pontianak yang normalnya memiliki kapasitas hingga 1.000 orang.

Baca juga: Tanggapi Tabloid Indonesia Barokah, Komisi Hukum Dewan Pers Tegaskan Media Harus Edukasi Masyarakat

"Namun untuk pelaksanaan UKW, kita hanya ada 50 peserta dan penguji. Tiap orang juga diharuskan mengikuti prokes secar ketat yakni dengan mengenakan masker, posisi tempat duduk akan diatur dengan jarak yang distandarkan, lalu peserta wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Termasuk pengecekan suhu tubuh saat akan memasuki ruangan," jelasnya.

Ketua PWI berharap dengan peserta yang mengikuti kegiatan UKW ini nantinya akan semakin meningkatka kualitas dari si jurnalis Kalbar dan makin berkompeten menjalankan profesinya. (*)

Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved