Breaking News:

Bupati Muda Mahendrawan Harap Solusi Lebih Digencarkan Bukan Masalah Karhutla

Menurutnya, yang menyebabkan kehebosan terkait karhutla ini adalah karhutla di sekitar perumahan. Padahal, apinya kecil.

TRIBUNPONTIANAK/JOVI LASTA
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Kamis 25 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri rapat koordinasi terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan yang masih terjadi, Kamis 25 Februari 2021.

Bupati Kuburaya Muda Mahendrawan mengatakan, bahwa saat ini kebakaran hutan dan lahan masih terkendali dan bisa ditangani oleh pihaknya.

Muda menyebut, solusinya penanganan karhutla yakni langsung mengantisipasi dengan membuat bedengan (parit) untuk menghalau api ke tempat-tempat seperti sekolahan dan lain-lain.

"Jadi, sekarang itu membesarkan isu solusi daripada isu masalah. Tadi, saya arahkan langsung membuat parit sekolahannya," ujar Muda Mahendrawan.

Menurutnya, yang menyebabkan kehebosan terkait karhutla ini adalah karhutla di sekitar perumahan. Padahal, apinya kecil.

Ia menyatakan, bahwa Kubu Raya belum menetapkan status siaga api karena kemungkinan hujan itu datang bisa saja terjadi.

"Kalau bisa dikendalikan situasinya, mudah-mudahan tidak paniklah. Situasi yang tidak panik ya, karena lagi Covid-19 juga berpengaruh kepada kepanikan juga ini," jelasnya.

Baca juga: Ketua DPRD Kubu Raya Minta Angka Anggaran Infrastruktur dapat Diperbesar

Bupati Kubu Raya menghimbau kepada masyarakat jangan terlalu panik atas situasi ini (Karhutla) ini bisa mengakibatkan pengaruh terhadap psikis seseorang yang menghadapi kondisi ini.

Dalam keadaan saat ini, muda menyikapi api yang muncul itu masih hit and run jadi tidak bisa tertebak bisa saja muncul bisa saja tidak. Jadi, pihaknya melaksanakan antisipasi atas kejadian ini.

Untuk kawasan yang terbakar, Muda Mahendrawan berharap mudah-mudah tidak ada yang disegel akibat kebakaran tetapi lebih kepada solusi penanganan yang saat ini masih dilakukan.

Muda mengapresiasi kepada Damkar Swatsa yang berpartisipasi dan membantu memadamkan api. Pemerintah Kubu Raya selama ini melaksanakan pembinaan. Solusinya, melaksanakan pembinaan dan melakukan langkah-langkah cukup solid dengan pemadam swasta serta jumlahnya cukup banyak dan selalu koordinasi kerja dan spontanitas secara cepat. (*)

Penulis: Jovi Lasta
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved