Breaking News:

Personel Sat Brimob Berjibaku Padamkan Lahan Terbakar di Sungai Raya

Sesampainya dilokasi kemunculan api, kata Dansatbrimob Polda Kalbar itu juga para personil bergerak cepat mencari sumber air terdekat dan kemudian mem

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sejumlah personel dari Satuan Brigade Mobile (Sat Brimob) Polda Kalimantan Barat saat berjibaku memadamkan lahan yang terbakar di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Selasa 23 Februari 2021 sore. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Sejumlah personel dari Satuan Brigade Mobile (Sat Brimob) Polda Kalimantan Barat berjibaku memadamkan lahan yang terbakar di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Selasa 23 Februari 2021 sore.

Langkah cepat itupun dilakukan saat ditemukannya titik api dengan menggunakan aplikasi Lencang Kuning.

Atas dasar itupula, Kasatgas Penanggulangan Bencana Alam Wilkum Polda kalbar, Kombes Pol. Taufiq Hidayat SH menyampaikan bahwa, langsung memerintahkan para personilnya untuk bergerak cepat menuju ke lokasi kemunculan api tersebut.

"Merespon perintah dari Komandan Satuan, Wadanyon A Pelopor Kompol Efadhoni Lilik Pamungkas, SH SIK, langsung memerintahkan Team Karhutla sebanyak 10 personilnya Dpp IPTU Suratman untuk mempersiapkan peralatan dan kemudian bergegas langsung menuju ke lokasi kemunculan api tersebut," kata Kombes Pol. Taufiq Hidayat SH kepada Tribun, pada Rabu 24 Februari 2021.

Sesampainya dilokasi kemunculan api, kata Dansatbrimob Polda Kalbar itu juga para personil bergerak cepat mencari sumber air terdekat dan kemudian memadamkan api tersebut.

Baca juga: Pemprov Kalbar Didemo Lantaran Dinilai Tak Serius Tangani Karhutla

Proses pemadaman api pun, disampaikannya memakan waktu cukup lama dikarenakan kebakaran lahan ini terjadi diatas lahan gambut.

"Dalam pemadaman itu juga, Kapolres Kubu Raya juga ikut turun langsung kelapangan untuk memantau kegiatan Pemadaman api ini berjalan dengan lancar," tuturnya.

Pada kesempatan ini juga, ia mengimbau kepada masyarakat khususnya yang berada didekat lokasi kebakaran lahan untuk selalu waspada.

Dan dikatakannya, apabila menemukan oknum masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakarnya, untuk tidak segan-segan melaporkan kepada petugas.

"Para personil juga ini akan melakukan patroli rutin di lokasi-lokasi yang rawan terjadinya kebakaran lahan mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan yang bisa kapan saja terjadi," pungkasnya. (*)

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved