Breaking News:

Gelar Konsolidasi Flobamora Kapuas Hulu Galang Dana untuk Korban Letusan Gunung Ile Ape

Kelompok manapun yang membawa nama Flobamora, siapa saja adalah keturunan NTT dan saat ini berada di Kabupaten Kapuas hulu

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Gelar Konsolidasi Flobamora Kapuas Hulu Galang Dana Untuk Korban Letusan Gunung Ile Ape, Rabu 24 Februari 2021. TRIBUN PONTIANAK/ISTIMEWA. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUASHULU - Organisasi Flobamora di Kabupaten Kapuas Hulu adalah organisasi sosial yang terbentuk karena semangat persaudaraan yang lahir dari keturunan orang Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berdomisili di Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu 24 Februari 2021.

Salah satu anggota Flobamora Putusibau, Yanche Wuwur menjelaskan, bahwa menurut keterangan para tetua Flobamora Kapuas Hulu, motivasi awal terbentuknya Flobamora di Kabupaten Kapuas Hulu adalah untuk mempererat persaudaraan guru-guru NTT yang dikirim ke Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Kapuas hulu sejak tahun 1977.

Kemudian, yanche menyebut terbentuklah Organisasi Flobamora Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu.

Sebelumnya hanya beranggotakan para guru NTT dan keluarganya masing-masing.

Baca juga: DPRD Kapuas Hulu Minta TNBKDS dan NGO Transparan Soal Program Pembangunan

Seiring berjalannya waktu, bertambah banyak karena masyarakat NTT dari berbagai macam latar belakang pekerjaan yang merantau ke Kabupaten Kapuas Hulu juga ikut bergabung.

"Flobamora di Kabupaten Kapuas Hulu adalah organisasi sosial yang terbentuk karena semangat persaudaraan masyarakat keturunan asli NTT yang berdomisili di Kabupaten Kapuas Hulu," ungkap Yanche wuwur.

Ia menyampaikan sampai dengan saat ini, Flobamora Putussibau - Kapuas Hulu semakin berkembang baik dengan persatuan yang sangat kuat dan terus berpartisipasi aktif dalam semua aspek kegiatan yang memerlukan kehadiran Flobamora Putussibau.

Khususnya dalam kegiatan sosial dan secara internal juga ada kelompok arisan yang dilaksanakan setiap bulan sebagai momen temu persaudaraan sesama Flobamora Putussibau.

"Ada juga kelompok arisan di luar Fobamora Putussibau yaitu Kelompok Arisan Flobamora Taman dan lain-lain menyesuaikan dengan lingkungan dimana ada orang NTT berdomisili," ucapnya.

"Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa kelompok-kelompok Arisan ini tidak menjadi sekat antara kelompok yang satu dengan yang lain dan juga tidak menjadi sekat antara yang bergabung di kelompok arisan dan yang tidak bergabung di kelompok arisan," tutur Ketua Presidium PMKRI Calon Cabang Kapuas Hulu tersebut.

Halaman
12
Penulis: Jovi Lasta
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved