Breaking News:

Bhabinkamtibmas Bripka Taufik Urahman Ajak Masyarakat Jaga Sungai dengan Banner Imbauan

Awal pemasangan banner ini karena adanya laporan masyarakat banyak warga yang membuang sampah ke sungai

Dok. Polsek Sungai Raya
Bhabinkamtibmas dari Polsek Sungai Raya Polres Bengkayang, Bripka Taufik Urahman, S.I.P. melakukan pemasangan banner imbauan yang dilakukan pada, Selasa 23 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Sungai merupakan satu kebutuhan masyarakat. Jika tidak dijaga dengan baik kebersihannya maka akan berdampak pada tercemarnya ekosistem dalamnya.

Pencemaran air sungai bahkan dapat menyebabkan bencana banjir. Kebiasaan membuang sampah di aliran sungai adalah salah satu kegiatan yang tidak baik, merugikan tidak hanya diri sendiri tetapi masyarakat luas.

Untuk itu, demi menjaga sungai agar tetap bersih Bhabinkamtibmas dari Polsek Sungai Raya Polres Bengkayang Polda Kalbar Bripka Taufik Urahman, S.I.P. melakukan pemasangan banner imbauan yang dilakukan, Selasa 23 Februari 2021.

Baca juga: Hendra: Jangan Buang Sampah Sembarangan

Bripka Taufik Urahman yang merupakan Bhabinkamtibmas Desa Sungai Raya menuturkan ide awal dari pemasangan banner ini karena adanya laporan masyarakat yang banyak membuang sampah ke sungai Sungai Raya.

“Awal pemasangan banner ini karena adanya laporan masyarakat banyak warga yang membuang sampah ke sungai, Sungai Raya sehingga membuat sungai menjadi kotor,” katanya.

Pemasangan banner imbauan ini, Bripka Taufik Urahman menggandeng tokoh pemuda yang tergabung dalam Kelompok Peduli Lingkungan (Kopling) Desa Sungai Raya yang disebar di beberapa lokasi.

“Ada 4 lokasi yang dipasang banner seperti bantaran sungai, lokasi pasar, pemukiman penduduk yang berlokasi di Desa Sungai Raya Kecamatan Sungai Raya Kepulauan,” ucap Taufik Urahman.

Selanjutnya, dia mengatakan sampah yang dibuang masyarakat merupakan sampah rumah tangga bukan limbah pabrik atau industri lainnya sehingga tidak sulit bagi warga untuk mengelola dan mengumpulkan sampah tersebut dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah.

“Diharapkan dengan himbauan ini akan tumbuh kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi dari seluruh warga masyarakat yang akan berdampak baik terhadap kebersihan lingkungan terutaman kebersihan sungai”, harapnya.

Kepada warga masyarakat desa binaannya, Bripka Taufik Urahman pun menghimbau masyarakat yang berada di sepanjang sungai untuk tidak lagi membuang sampah dialiran sungai.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk mengkompulir sampahnya sendiri baik dengan diaur ulang maupun dikubur serta dibakar secara sedikit-sedikit. Jangan sudah bertumpuk baru dibakar”, pintanya.

Terkait kebersihan air sungai, Bripka Taufik Urahman bercita-cita untuk mengembalikan sungai Sungai Raya kembali jernih.

“Saat ini karena pencemaran sungai jadi keruh dan kotor. Apabila ada yang mempunyai ide atau solusi, mari kita menjadikan air sungai ini menjadi jernih kembali”, tururnya.

Taufik Urahman juga mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Peduli Lingkungan (Kopling) Desa Sungai Raya yang telah membantu pembutan dan pemasangan banner imbauan.

“Terima kasih kepada Kelompok Peduli Lingkungan (Kopling) Desa Sungai Raya yang telah membantu untuk pembuatan himbauan yang dipasang di 4 lokasi”, tutupnya.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved