Breaking News:

Terindikasi Sengaja Dibakar, Petugas Kesulitan Padamkan Api Pada Lahan di Jalan Sepakat II

Melihat dari bukti-bukti yang ada, bahwa lahan ini terindikasi dan mengarah pada tindak dibakar untuk membuka lahan.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Jovi Lasta
Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Kota Pontianak berlokasi di jalan Sepakat 2, Bansir Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Selasa 23 Februari 2021. TRIBUN PONTIANAK/JOVI LASTA. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Kota Pontianak berlokasi di jalan Sepakat 2, Bansir Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Selasa 23 Februari 2021.

Kapolsek Pontianak Selatan Akp Galih Wicaksono dalam pemantauannya yang turun ke lapangan mengatakan, bahwa berdasarkan informasi di lapangan sumber api berasal dari salah satu lahan di sepakat 2 hujung.

"Jadi kemungkinan dari titip api tersebut merembet ke lahan-lahan yang berada di sekitarnya," Ujar Akp Galih.

Kemudian, dari keterangan yang ada untuk indikasi dari karhutla sendiri, pihaknya belum bisa memberikan asumsi karena besok pagi ataupun siang akan dilaksanakan penyelidikan (dalami darimana pastinya titip api itu keluar).

Baca juga: Aipda Meydianto Imbau Warga Cegah Karhutla dengan Banner

Melihat dari bukti-bukti yang ada, bahwa lahan ini terindikasi dan mengarah pada tindak dibakar untuk membuka lahan.

"Dan buktinya petunjuk-petunjuk yang lain mengarahkan bahwa lahan ini sengaja memang dibakar untuk membuka lahan," ungkapnya.

Menurutnya, kendala yang terjadi di lapangan pada saat memadamkan api oleh tim BPBD dan Damkar Swasta yakni sumber air yang minim sehingga petugas harus menggali dan menunggu air muncul untuk bisa terambil.

"Memang ada saluran air atau parit disana tapi kapasitas airnya tidak memadai sehingga perlu digali dulu nanti airnya timbul lagi," tutur Akp Galih.

Dalam 1 bulan ini, Akp Galih menyebut, di lokasi tersebut (lokasi kebakaran) sudah sebanyak dua kali terjadi kebakaran hutan dan laha. Pertama, di lokasi sebelah lahan yang terbakar saat ini dengan titik api sebelumnya 3 hari yang lalu sudah padam. (*)

Penulis: Jovi Lasta
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved