Breaking News:

Plh Bupati Kapuas Hulu Surati Seluruh Camat dan Kades Wapadai Potensi Karhutla

Hingga saat ini, jelas Zaini, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu belum ada titik api atau hostpot. Diharapkan tidak ada titik api Karhutla.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) Kabupaten Kapuas Hulu, Plh Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menyatakan, kalau dirinya telah memerintahkan BPBD Kapuas Hulu, untuk membuat surat edaran kepada Camat dan Kades, terkait antisipasi akan terjadi Karhutlah.

"Semoga tahun 2021 ini, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu tidak ada terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Ini tentunya harus ada sinergitas semua pihak, baik itu pemerintah, dan masyarakat itu sendiri," ujarnya kepada Tribun, Selasa 23 Februari 2021.

Hingga saat ini, jelas Zaini, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu belum ada titik api atau hostpot. Diharapkan tidak ada titik api Karhutla.

Baca juga: DPRD Kapuas Hulu Minta TNBKDS dan NGO Transparan Soal Program Pembangunan

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar tidak membakar hutan dan lahan," ucapnya.

Dijelaskannya, apabila adanya kebakaran hutan dan lahan, akan menimbulkan kabut asap, yang akan menggangu kesehatan pernapasan masyarakat itu sendiri.

"Termasuk juga mengganggu penerbangan dan transportasi lainnya, serta banyak negatif lainnya akibat dari Karhutlah," ungkapnya. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan menyatakan, hingga saat ini wilayah Kapuas Hulu belum ada titik api atau hostpot.

"Diharapkan tidak ada titik api wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. Maka dihimbau, kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar tidak membakar hutan dan lahan," ujarnya kepada Tribun, Selasa 23 Februari 2021.

Gunawan menjelaskan, memang saat ini sudah beberapa kabupaten yang sudah tampak titik api. Di Kapuas Hulu diharapkan tidak ada titik, maka dari itu pihaknya bersama pihak lainnya terus melakukan koordinasi, untuk sama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan.

"Untuk di Kapuas Hulu, hasil pantauan di lapangan, memang masih ada curah hujan, biarpun tidak terlalu kuat curah hujannya, terpenting masih ada hujan, sehingga belum ada titik api terlihat," ungkapnya. (*)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved