Breaking News:

Meski Pandemi, Petani Sungai Adong Semangat Kembangkan Lahan Pertanian

Ia meyakini Kecamatan Sungai Raya bisa menghasilkan produktivitas pertanian terbesar kedua dan menggeser Kecamatan Batu Ampar.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Panen Raya Padi tahun 2021 di Sungai Adong, Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, pada Minggu 21 Februari 2021 lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kubu Raya Heri Suprianto mengapresiasi petani di Sungai Adong yang telah melakukan panen raya padi tahun 2021, pada Minggu lalu.

Sebab menurutnya, meskipun di tengah pandemi para petani masih bersemangat mengembangkan lahan pertanian yang ada.

Ia menjelaskan, Kecamatan Sungai Raya merupakan kecamatan ketiga terbesar produktivitas pertaniannya setelah Kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Batu Ampar.

Ia meyakini Kecamatan Sungai Raya bisa menghasilkan produktivitas pertanian terbesar kedua dan menggeser Kecamatan Batu Ampar.

Baca juga: Ubah Pola Lama, Bupati Muda Dorong Petani Sungai Adong Lakukan Panen Dua Kali Setahun

"Saya yakin ini bisa, karena pertanian di sini saat ini masih menggunakan pola tradisional. Ke depannya bisa kita lakukan lebih dari apa yang kita hasilkan saat ini," kata Heri Suprianto.

Selanjutnya, Kepala Desa Kuala Dua Abbas mengatakan bahwa pola pertanian padi di Desa Kuala Dua, khususnya di Sungai Adong, masih menggunakan pola tradisional.

Sehingga panennya pun hanya dapat dilakukan setahun satu kali atau panen musim rendengan.

"Kita berharap ke depannya petani bisa panen hingga dua kali dalam setahun. Untuk itu kami harap pemerintah kabupaten bisa memfasilitasi pertanian di sini. Karena lahan pertanian di sini cukup luas dan potensinya juga cukup besar," kata Abbas. (*)

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved