Breaking News:

Menurun! BMKG Catat Hanya 4 Sebaran Titik Panas di Kalbar, Kubu Raya Nol

Ia juga menilai, menurunnya jumlah titik panas ini merupakan keberhasilan dari penanggulangan yang dilakukan tim pemadam maupun stakeholder terkait

bmkg.go.id
Ilustrasi BMKG 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) yang terjadi disejumlah wilayah di Kalimantan Barat tampaknya semakin menurun, pada Selasa 23 Februari 2021.

Hal itupun dapat dilihat dari pantauan BMKG stasiun Meteorologi Kelas I Supadio yang merilis hanya menemukan sebanyak 4 sebaran titik panas atau hotspot diwilayah Kalimantan Barat, diantaranya tiga berada di kabupaten Ketapang, dan satu berada di kabupaten Sanggau

Dan Kabupaten Kubu Raya yang sebelumnya memiliki titik panas terbanyak, kini terlihat titik panas itupun tidak ada pada hari ini.

Melalui Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio, Sutikno menjelaskan bahwa, berkurangnya titik panas yang ada di Kabupaten Kubu raya berbanding lurus dengan nilai jarak pandang di Bandara Internasional Supadio Pontianak pada tiga hari terakhir yang juga semakin baik.

Baca juga: Potensi Hujan Rendah, BMKG Prediksi Hingga Awal Maret Kalbar Rawan Karhutla

Dan dikatakannya, titik panas tersebut pun diperoleh berdasarkan data penginderaan satelit.

"Hal ini juga dikarenakan terdapat hujan disebagian wilayah kabupaten Kubu raya pada tiga hari terakhir, namun intensitasnya masih rendah, belum lebat dan tidak merata," ungkap Sutikno kepada Tribun.

Ia juga menilai, menurunnya jumlah titik panas ini merupakan keberhasilan dari penanggulangan yang dilakukan tim pemadam maupun stakeholder terkait.

"Artinya juga ada kemungkinan masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan, dan tim pemadaman darat berhasil memadamkan api di beberapa titik," sampainya. (*)

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved