Breaking News:

Mayor Marinir Anton Sebut Giat Hanmars untuk Jaga Kesiapan Kondisi Fisik Anggota

Hanmars sendiri merupakan kegiatan atau bentuk latihan prajurit dengan cara berjalan kaki menempuh jarak tertentu, dan melewati berbagai macam medan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ramadhan
Danyon Marhanlan XII Pontianak, Mayor Marinir Anton Koerniawan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak, laksanakan kegiatan Ketahanan Mars (Hanmars), Selasa 23 Februari 2021.

"Hanmars sendiri merupakan kegiatan atau bentuk latihan prajurit dengan cara berjalan kaki untuk menempuh jarak tertentu, dan melewati berbagai macam kontur medan di rute yang telah ditetapkan," ujar Danyon Marhanlan XII Pontianak, Mayor Marinir Anton Koerniawan.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh personil dari Polres Mempawah, dan terlihat ada Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, beserta PJU Polres Mempawah dan beberapa personil lainnya.

"Adapun rute yang kita lewati yakni Terminal Mempawah dan finish di Yonmarharlan XII," tegas Danyon.

Baca juga: Sinergitas TNI-POLRI Laksanakan Kegiatan Hanmars

Lanjut setelah itu, Danyon juga menyebutkan tujuan diselenggarakannya Giat Hanmars yakni Untuk meningkatkan profesionalisme prajurit, memelihara ketahanan fisik, mental, serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan tempur dasar prajurit.

"Ketahanan mars (Hanmars) Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII dilaksanakan secara bertingkat, bertahap, dan berlanjut, karena secara periodik kegiatan Hanmars digelar setiap TW (Tri Wulan), guna mendukung kesiapan prajurit untuk menyongsong tugas yang akan datang disetiap palagan dalam rangka mempertahankan kedaulatan NKRI," jelasnya.

Manfaat lain dari kegiatan Hanmars kata Mayor Marinir Anton, yakni disamping pembinaan fisik untuk menjaga kebugaran tubuh adalah memupuk semangat serta jiwa Korsa sebagai anggota TNI, meningkatkan soliditas satuan dan kebersamaan antar prajurit juga terbangunnya sinergitas antar TNI POLRI.

"Harapannya juga yakni para prajurit disamping melaksanakan tugas kewilayahan dan rutinitas harian sesuai fungsi dan bidangnya masing-masing, tetap memelihara dan menguasai pengetahuan dasar keprajuritan," katanya.

Lebih jauh Danyon juga berharap, dengan adanya Giat Hanmars bisa menjaga kesiapan kondisi fisik anggota, sehingga tugas pokok dapat tercapai dan kemampuan perorangan tetap terpelihara.

"Pembinaan olahraga Hanmars yang diprogram secara khusus ini, tidak saja dapat memperkuat ketahanan fisik prajurit, namun juga memberi manfaat lebih yaitu meningkatkan imun bagi masing-masing individu di tengah pandemi Covid-19, dengan tidak mengesampingkan faktor keamanan dan kesehatan (3 M) dalam setiap pelaksanaan kegiatan," pungkasnya. (*)

Penulis: Ramadhan
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved