Breaking News:

Elektrifisikasi di Kalbar Diharapkan Dapat Meningkat, MKI Usulkan Pengembangan Cangkang Sawit

Hal ini menjawab beberapa tantangan terbesar dalam kemandirian tenaga kelistrikan yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat Kalimantan Barat.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Christiandy Sanjaya saat membahas masalah kelistrikan dengan Masyarakat Kelistrikan Indonesia (MKI) Kalbar serta Kadis ESDM Provinsi, Sy Kamaruzzaman secara virtual, Selasa 23 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI, Masyarakat Kelistrikan Indonesia dan Pemerintah Daerah terus mendorong elektrifikasi di Kalbar.

Hal ini menjawab beberapa tantangan terbesar dalam kemandirian tenaga kelistrikan yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat Kalimantan Barat.

Christiandy Sanjaya sebagai anggota DPD RI yang concern dengan kelistrikan di Kalbar kembali membahas masalah krusial ini dengan Masyarakat Kelistrikan Indonesia (MKI) Kalbar serta Kadis ESDM Provinsi, Sy Kamaruzzaman secara virtual, Selasa 23 Februari 2021.

Baca juga: Christiandy Sanjaya Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di STT-ATI Mempawah

Mengawali dialog, Christiandy menjelaskan bahwa tantangan geografis di Kalbar merupakan sebagai tantangan bersama dalam pemenuhan listrik bagi semua warga Kalbar. 

"Karena itu kerjasama semua pihak termasuk MKI seyogyanya terus dilakukan sehingga semua warga Kalbar menikmati penerangan listrik bagi semua bisa terwujud," ujar Christiandy. 

Untuk diketahui, dialog ini bertujuan mendengarkan masukkan dari MKI Kalbar dan Dinas ESDM Provinsi Kalbar. 

Masukan dan aspirasi ini nantinya akan disampaikan dalam rapat komite II DPD RI termasuk kepada Menteri ESDM dan Menteri BUMN sebagai mitra kerja Komite II. 

Demikian juga menjadi bahan terhadap pengawasan pelaksanaan UUD Nomor 30 Tahun 2009 tentang tenaga kelistrikan serta Perubahannya dalam UU Nomor 11 Tahun Tentang Cipta Kerja.

"Sekali lagi dialog ini hendak mencari solusi-solusi strategis yang terbaik soal kelistrikan di daerah," kata Christiandy.

Menurut Gubernur sesuai Rencana Umum Daerah Prov. Kalimantan Barat pada tahun 2019 elektrifikasi Kalbar telah mencapai 86 persen, target ini masih di bawah rata-rata nasional. 

Halaman
123
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved