Breaking News:

CHINA Vs Vietnam Terkini - Tiongkok Jadi Ancaman, Vietnam Perkuat Pertahanan Udara Kepulauan Spratly

Sedikitnya sempat dua kali pecah perang dua negara antara China Vs Vietnam yang memperebutkan wilayah Kepulauan Spratly pada 1974 dan 1988 silam.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA VIA KONTAN.CO.ID
CHINA Vs Vietnam Terkini - Tiongkok Mengancam, Vietnam Perkuat Pertahanan Udara Kepulauan Spratly . Cek selengkapnya di artikel berikut Selasa 23 Februari 2021 / ILUSTRASI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Wilayah Kepulauan Spratly adalah satu di antara ‘titik panas’ yang menjadi wilayah konflik dua negara antara China Vs Vietnam.

Pada titik lokasi ini pulalah China Vs Vietnam dulunya pernah terlibat pertempuran besar.

Sedikitnya sempat dua kali pecah perang dua negara antara China Vs Vietnam yang memperebutkan wilayah Kepulauan Spratly pada 1974 dan 1988 silam.

Sejak dua perang besar yang berlangsung singkat itu pecah, nyatanya ketegangan China Vs Vietnam tak memudar.

Baca juga: CHINA Vs Amerika Serikat di Ketegangan Laut China Selatan, Tiongkok Diminta Tak Gunakan Senjata

Bahkan, terbaru China yang di Indonesia dikenal dengan nama lain mengklaim sepihak sebagian besar wilayah Laut China Selatan sebagai wilayah otoritasnya.

Di mana di dalamnya termasuk juga Kepulauan Spratly.

Tak ayal, ketegangan China Vs Vietnam pun kembali memanas di era modern ini.

Mendapat ancaman tak main-main dari Tiongkok, Vietnam pun saat ini diyakini telah memperkuat pertahanan wilayahnya di Kepulauan Spratly yang disengketakan tersebut.

Adalah kelompok think tank asal Amerika Serikat (AS) yang mengatakan, saat ini Vietnam telah memperkuat pertahanannya di Kepulauan Spratly, wilayah yang disengketakan dengan China.

Baca juga: CHINA Vs India Bentrokan di Lembah Gelwan 2020, Tiongkok Rilis Jumlah Korban Meninggal Dunia

Dilansir dari laman Kontan.co.id yang merangkum laman South China Morning Post, Asia Maritime Transparency Initiative Centre for Strategic and International (AMTI-CSIS) pada Jumat 19 Februari 2021 melaporkan, Vietnam telah menempatkan sistem pertahanan udara dan pantai di sebagian besar pangkalan militernya di Kepulauan Spratly.

Halaman
1234
Editor: Ishak
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved