Breaking News:

Bupati Citra Harap Anggota FKUB Tak Jadi Anggota Parpol

Citra menegaskan, FKUB adalah forum yang mandiri serta mengemban tugas pokok sebagai forum dialog dan komunikasi antar umat beragama.

TRIBUNPONTIANAK/Adelbertus
Bupati Kayong Utara, Citra Duani 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Bupati Kayong Utara, Citra Duani berharap anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) terdiri dari pemimpin Ormas keagamaan atau pemuka agama.

Dia pun berharap mereka tidak menjadi anggota pengurus partai politik.

"Hal ini untuk menjaga kewibawaan dan kebijaksanaan dalam tindakan FKUB sebagai juru bicara kepentingan semua agama," kata Citra saat menyampaikan dalam acara Fasilitasi Musyawarah Forum Kerukunan Umat Beragama Kayong Utara periode 2021-2026 di Aula Pendopo Bupati, Senin 22 Februari 2021.

Citra menegaskan, FKUB adalah forum yang mandiri serta mengemban tugas pokok sebagai forum dialog dan komunikasi antar umat beragama.

Baca juga: Bupati Citra Ingatkan Seluruh Masyarakat Kayong Utara untuk Saling Menghargai dalam Perbedaan

Menurutnya, FKUB juga merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban Kepala Daerah, khususnya dalam memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat.

"FKUB sebagai wadah mediator, rekonsiliator dan fasilitator dalam memberikan rujukan dan inspirasi tentang kerukunan beragama, sehingga tumbuh rasa saling percaya dan membangun opini publik tentang pentingnya hidup rukun," ujar Citra.

Citra juga menyampaikan, pengelolaan FKUB mesti dilakukan secara terbuka, dialogis, dan bersahabat dengan memberi peluang pengkaderan seluas-luasnya kepada setiap anggotanya.

"FKUB melakukan kerjasama dengan Majelis Agama, LSM Kerukunan dan Pemerintah untuk bersatu hati dan netral dalam penanganan persoalan masyarakat, serta menjadi mediator dalam perselisihan," imbuh Citra. (*)

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved