Potensi Hujan Rendah, BMKG Prediksi Hingga Awal Maret Kalbar Rawan Karhutla

Kemudian potensi kebakaran hutan dan lahan untuk Kalbar wilayah Timur masih lebih aman. Hal tersebut lantaran, potensi hujan disejumlah wilayah Kalima

Penulis: Ferryanto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Sutikno. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas 1 Supadio Pontianak, Sutikno menyampaikan, dari data Prakiraan cuaca, potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kalbar Khususnya di bagian barat masih akan berlangsung hingga 5 Maret 2021 mendatang.

Kemudian potensi kebakaran hutan dan lahan untuk Kalbar wilayah Timur masih lebih aman. Hal tersebut lantaran, potensi hujan disejumlah wilayah Kalimantan Barat masih rendah.

Baca juga: HARI INI BMKG Temukan 84 Titik Panas Tersebar di Seluruh Daratan Kalbar

Ia menjelaskan, Kalbar Wilayah Barat mencakup daerah Kabupaten Ketapang, Kubu Raya, Pontianak, Singkawang, Mempawah, Bengkayang hingga Kabupaten Sambas.

Sementara untuk wilayah Timur yakni Kabupaten Sintang, Melawi Sanggau, Kapuas Hulu.

"Potensi terjadinya Karhutla di Kalimantan Barat bagian Barat kategori Sangat Mudah diprakirakan masih bisa berlangsung hingga tgl 5 Maret 2021, sedangkan potensi Karhutla di kalbar bagian timur yaknisintang, melawi dan kapuas hulu diprakirakan lebih aman dibandingkan Kalbar bagian barat," paparnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved