Breaking News:

Perkuat Kompetensi Lulusan Teknik Sipil, Politap Kerjasama Dengan Balai Jasa Kontruksi PUPR

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kesepakatan SMK, Politeknik dan atau Perguruan Tinggi dalam merekomendasikan tenaga pengajar sebagai calon inst

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Direktur Politeknik Negeri Ketapang (Politap) Endang Kusmana melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Direktur Politeknik Negeri Ketapang (Politap) Endang Kusmana melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia di Hotel Orchard Pontianak, Minggu 21 Februari 2021.

Hal itu dilaksanakan dalam rangka pemberian kompetensi tambahan dan sertifikasi kompetensi bagi lulusan dan calon lulusan jurusan teknik sipil Politap.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini juga merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi tindaklanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Konstruksi Nomor: 129/SE/Dk/2020 tentang Pemberian Kompetensi Tambahan dan Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan dan Calon Lulusan SMK, Politeknik, dan/atau Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi yang diselenggarakan Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk wilayah Kalimantan khususnya Kalimantan Barat di Pontianak tanggal 18 - 20 Februari 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kesepakatan SMK, Politeknik dan atau Perguruan Tinggi dalam merekomendasikan tenaga pengajar sebagai calon instruktur dan kesepakatan SMK, Politeknik dan/atau Perguruan Tinggi dalam menyertakan calon lulusan dan lulusan lembaga mereka dalam program ini.

Baca juga: Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka, Kepsek SMAN 1 Ketapang Akui Persiapan Sudah 90 Persen

Kegiatan yang dilaksanakan di Kalimantan Barat tersebut, diikuti oleh Politap, Polnep, Untan, UPB dan 12 SMK di Kalimantan Barat.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin Kementerian PUPR Ir.Moody Nicson Sanger, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahapan pemberian kompetensi tambahan akan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu penyampaian calon peserta, pemeriksaan kelengkapan syarat calon peserta, pemanggilan peserta dan instruktur, pelaksanaan pelatihan, post test dan pemberian sertifikat.

Kabalai menambahkan, setelah penandatangan perjanjian kerjasama ini, mulai bulan Maret 2021 akan dilanjutkan dengan refreshmen TOT calon instruktur.

"Selanjutnya pemberian kompetensi tambahan dan pemberian sertifikat kompetensi bagi lulusan dan calon lulusan Politap," ujar Kabalai.

Sementara itu, Direktur Politap Endang Kusmana mengapresiasi komitmen Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin Kementerian PUPR terhadap peningkatan kompetensi lulusan teknik sipil khususnya di Politeknik Negeri Ketapang.

"Ini merupakan kegiatan tahun kedua atas kerjasama Balai dengan Politap dan memberi dampak untuk penguatan kualitas lulusan Politap sekaligus turut mendorong kualitas pembangunan infrastruktur," jelas Endang.

Sementara Julyan Purnomo Koordinator Program Studi Teknik Sipil Politap yang mendampingi Direktur dalam kegiatan ini menyampaikan kesiapan prodinya untuk kegiatan ini.

Pihaknya juga sudah menyiapkan dua orang calon instruktur dan menyiapkan lulusan dan calon lulusan yang belum mendapat sertifikasi.

Pada kegiatan tahun pertama kerjasama yang dilakukan bulan November 2019 pihaknya telah melakukan sertifikasi terhadap 220 orang lulusan dan mahasiswa teknik sipil untuk 4 skema yaitu skema pelaksana pekerjaan lapangan jembatan untuk mahasiswa semester tiga, skema pengawas pekerjaan lapangan jembatan untuk mahasiswa semester lima.

"Skema pelaksana pekerjaan lapangan jalan untuk mahasiswa semester tujuh dan skema pengawas pekerjaan lapangan jalan untuk alumni," tandasnya. (*)

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved