Breaking News:

Kapolresta Pontianak Masih Selidiki Sebab Karhutla di Pontianak

Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Leo Joko Triwibowo mengatakan, bahwa dari hasil penelusuran di lapangan sudah mendapatkan bukti dan saksi. Kemudian,

TRIBUNPONTIANAK/Jovi Lasta
Kapolresta Pontianak Kombes Pol Leo Joko Triwibowo 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pihak Kepolisian masih berupaya mengumpulkan data terkait kasus Kebakaran Hutan dan Lahan yang mulai melanda Kota Pontianak dan sekitarnya. Sabtu 20 Februari 2021.

Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Leo Joko Triwibowo mengatakan, bahwa dari hasil penelusuran di lapangan sudah mendapatkan bukti dan saksi. Kemudian, dari hasil penelusuran tersebut dilaksanakan penyidikan.

"Prosesnya kan penyelidikan, begitu sudah ada proses lidik sudah dapat bukti dan saksi nanti akan kita naikan ke proses penyidikan. Ya nanti akan kita proses hukum kalau memang ada bukti dan saksi,"ujar Kombes Pol Leo.

Baca juga: Hamdani Sampaikan Pandangan Hukumnya Terkait Karhutla

Ia menyebut bahwa kesulitan dalam melaksanakan penyelidikan kasus Kebakaran hutan dan lahan ini yakni mengumpulkan data bukti-bukti dan saksi karena dalam hal ini pihaknya masih melaksanakan penyelidikan.

Tentunya ini menjadi kesulitan bagi pihak kepolisian untuk mengungkap bukti dan saksi di lapangan terkait kebakaran hutan yang masih terjadi di Kota Pontianak.

Dirinya menyampaikan bahwa undang-undang yang digunakan dalam kasus karhutla yakni nomer 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Pasal yang digunakan adalah pasal 108 Undang-undang Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH) Setiap orang yang melakukan pembakaran lahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 69 ayat (1) huruf h, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 (tiga) tahun dan paling lama 10 (sepuluh) tahun serta denda yang tertuang pada pasal ini dan Pasal 69 ayat (1) huruf h UUPPLH Setiap orang dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar. (*)

Penulis: Jovi Lasta
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved