Breaking News:

Pelaksaan Belajar Tatap Muka di SMPN 1 Pontianak, Yuyun: Tidak Semua Orang Tua Murid Setuju

Pendataan ulang untuk siswa-siswi perkelas karena tidak semua orang tua wali murid ingin anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Jovi Lasta
Kepala Sekolah Smp Negeri 1 Pontianak Yuyun Yuniarti, Jumat 19 Februari 2021. TRIBUN PONTIANAK/JOVI LASTA. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pontianak Yuyun Yuniarti sebut tidak semua orang tua murid mensetujui pelaksanaan pembelajaran tatap muka sehingga masih dilaksanakan pendataan ulang siswa, Jumat 19 Februari 2021.

Kepala Sekolah Smp Negeri 1 Pontianak Yuyun Yuniarti menyampaikan, bahwa melaksanakan pendataan ulang untuk siswa-siswi perkelas karena tidak semua orang tua wali murid ingin anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka.

"Jadi kita mendata ulang, berapa siswa perkelasnya. Nah nanti kita lihat, karena kita sudah punya acuan bahwa satu kelas itu tidak boleh lebih daripada 50% jumlah normalnya. Maksimal itu 16 (siswa), tapi nanti kita lihat andai kata ya hanya disetujui 12 (siswa) berarti otomatis satu ruangan itu hanya 12 siswa," tutur Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pontianak Yuyun Yuniarti di aula depan SMP Negeri 1 Pontianak Jalan Jendral Urip, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak.

Yuyun Yuniarti menjelaskan, bahwa pihaknya sampai dengan saat ini masih mendata siswa siswi yang berkenan ingin mengikuti ataupun tidak mengikuti pembelajaran tatap muka karena beberapa hal.

Baca juga: Jadi Sekolah Percontohan, SMPN 1 Pontianak Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

"Ini masih terus mendata, ada yang sudah setuju. Ada asalnya belum setuju. Ibu belum bisa karena anak saya belum sehat, masih selalu kita update datanya," katanya.

Untuk mekanisme pembelajaran sendiri, Yuyun menyebut, bahwa pihaknya akan menguji coba terdahulu paling tidak memberikan rasa aman dan kepercayaan daripada orang tua bahwa sekolah siap.

"Jadi kita mencoba untuk di SMP Negeri 1 ini, masuk pukul 07:00 wib sampai pukul 10:00 wib namun kita berlakukan shif kedatangannya. Jadi kita berlakukan misalnya ada rombel tiga ya, tiga rombel maka pukul 07:00 wib masuk yang rombel pertama. Nanti rombel kedua selang 15 menit supaya tidak ada kerumunan di halaman ya. Nah Pokoknya belajarnya 3 jam pulangnya juga demikian yang tadi masuk pukul 07:00 Wib berarti dia pulang pukul 10:00 Wib. Masuk pukul 07:15 pulangnya pukul 10:15 Wib gitu ya," paparnya.

Ia menyebut, yang jelas jumlah jam pembelajarannya tetap sama dengan mekanisme kedatangannya teratur sedemikian rupa agar tidak terjadi kerumunan.

Untuk sosialisasinya sendiri, Yuyun mengatakan sudah beberapa kali melaksanakan sosialisasi tentang pembelajaran tatap muka yang akan berlangsung.

"Kalau untuk SMP 1 ini sudah berapa kali kita sosialisasi. InsyaAllah inipun setelah ada persetujuan meskipun sudah lisan bagi kami sudah merupakan intruksi ya dari kepala dinas tadi bahwa kita sudah siap melaksanakannya. InsyaAllah kita akan mengadakan lagi sosialisasi. Nah kebetulan untuk SMP 1 kemarin, sabtu minggu lalu kita sudah pertemuan dengan perwakilan pengurusan paguyuban kelasnya. Jadi, mereka menyatakan sepakat untuk menyetujui adanya tatap muka di SMP 1," ungkapnya.

Kepala Sekolah Smp Negeri 1 Pontianak ini siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka dan tinggal menunggu surat tembusan kepada satgas RT/RW, Kelurahan, dan Kecamatan serta pihaknya akan menyurati pemberitahuan di SMP Negeri 1 melaksanakan pembelajaran tatap muka.

"Terus masuk data siswa, ada yang siap ada yang tidak kalau kebetulan dia kurang sehat karena kita kuncinya 1 tadi siswanya harus sehat dulu, kalau dia tidak sehat ya kita tidak perkenankan untuk mengikuti. Kita masih tetap layani dengan daring," tegasnya.

Yuyun Yuniarti menambahkan, bahwa ingin memberikan 1 sampai 2 minggu berjalan rasa aman dan nyaman kepada siswa siswi. Mudah-mudahan kepercayaan orang tua semakin bertambah. (*)

Penulis: Jovi Lasta
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved