Breaking News:

CHINA Vs India Bentrokan di Lembah Gelwan 2020, Tiongkok Rilis Jumlah Korban Meninggal Dunia

pemerintah China atau yang di Indonesia di sebut juga Tiongkok akhirnya merilis informasi resmi terkait dengan peristiwa mematikan di perbatasan India

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA VIA KONTAN.CO.ID
CHINA Vs India Bentrokan di Lembah Gelwan 2020, Tiongkok Rilis Jumlah Korban Meninggal Dunia. Cek selengkapnya di artikel ini Jumat 19 Februari 2021 / ILUSTRASI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - China adalah satu di antara negara dunia dengan sensor informasi yang dikenal amat sangat ketat.

Tak semua informasi begitu saja diliris dalam waktu cepat.

Satu di antaranya yakni terkait antara China Vs India yang terjadi di sekitar lembah Gelwan pada 2020 silam.

Namun baru-baru ini pemerintah China atau yang di Indonesia di sebut juga Tiongkok akhirnya merilis informasi resmi terkait dengan peristiwa mematikan di perbatasan India - China tersebut.

Baca juga: CHINA Kerahkan Mata-mata, Belanda Hingga Finlandia Resah Aksi Spionase Agen Intelijen Tiongkok

Dikutip dari laman Kontan.co.id, China pada Jumat 19 Februari 2021 ini akhirnya mengungkapkan, empat tentaranya tewas dalam perkelahian dengan pasukan India dalam bentorkan yang terjadi pada 2020 lalu.

Informasi resmi ini adalah konfirmasi pertama atas bentrokan perbatasan yang juga menewaskan sedikitnya 20 tentara India tersebut.

Kementerian Pertahanan China menyatakan, tentara Tiongkok "mengorbankan diri" selama konfrontasi Juni 2020 di daerah perbatasan Lembah Galwan yang diperebutkan dengan "militer asing" tanpa menyebutkan nama negaranya.

India dan China berperang di perbatasan pada 1962 silam, dan telah lama saling menuduh berusaha melintasi perbatasan mereka yang tidak pernah disepakati dengan benar di wilayah Ladakh, India, tepat di seberang Tibet.

Baca juga: CHINA Vs Amerika di Laut China Selatan Terkini, Kapal Perang AS Masuki Wilayah yang Diklaim Tiongkok

Pada pertengahan Juni tahun lalu, 20 tentara India tewas dalam pertempuran brutal di perbatasan ketinggian di lembah Galwan dalam salah satu bentrokan paling mematikan antara kedua belah pihak dalam beberapa dekade terakhir.

Beijing pada saat itu mengakui, bentrokan tersebut telah memakan korban tetapi tidak mengonfirmasikan, apakah ada tentara China yang tewas.

Halaman
12
Editor: Ishak
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved