Breaking News:

Antisipasi Wilayah Rawan Karhutla, Personel Polsek Seluas Petakan Lahan Gambut

Kapolsek Seluas Ipda Suwandi, SH, MH berharap kepada masyarakat untuk selalu patuh dengan aturan dan tata kelola jika ingin membuka lahan

Dok. Polsek Seluas
Bhabinkamtibmas petakan lahan-lahan yang berpotensi menyebabkan Karhutla dalam hal ini ialah lahan gambut, Kamis 18 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Memasuki musim panas/kemarau Personel Polsek Seluas khususnya para Bhabinkamtibas sudah mulai menyiapkan diri dalam menghadapi Karhutla yang diprediksi akan dimulai pada awal bulan Maret.

Sselain rutin melaksanakan himbauan dengan humanis kepada masyarakat Peladang (kearifan lokal) dengan selalu mengingatkan agar jika membuka lahan agar mempersiapkan parit sekat untuk mencegah api menjalar ke lahan orang lain, para Bhabinkamtibmas juga memetakan lahan-lahan yang berpotensi menyebabkan Karhutla dalam hal ini ialah lahan gambut.

Hal ini menjadi perhatian khusus oleh Polsek Seluas, dengan memetakan kerawanan Karhutla khususnya lahan gambut dijauh-jauh hari agar dapat mencegahnya sejak awal, karena kita tahu bahwa lahan yang mengandung gambut adalah lahan yang paling sulit untuk dipadamkan.

Baca juga: Polsek Kalis Gencar Sosialisasikan Stop Karhutla, Markus: Agar Kita Terbebas dari Bahaya Asap

Untuk itu Kepolisian Sektor Seluas dengan dimotori para Bhabinkamtibmas meninjau dan mendata lahan-lahan yang mengandung gambut si Desanya masing-masing, Seluas 18 Februari 2021.

Adapun maksud dan tujuan Polsek Seluas Polres Bengkayang Polda Kalbar melaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui berapa banyak lokasi yang memiliki kerawanan Karhutla di lahan gambut, agar upaya-upaya pencegahan dapat dilakukan, yaitu dengan memberikan pencerahan kepada pemilik lahan bergambut agar lebih bijak jika ingin mengolah lahan tersebut, karena lahan gambut tidak bisa dibuka dengan cara dibakar, karena dapat menyebabkan bencana Karhutla.

Kapolsek Seluas Ipda Suwandi, SH, MH berharap kepada masyarakat untuk selalu patuh dengan aturan dan tata kelola jika ingin membuka lahan, karena semua telah diatur oleh pemerintah.

"Mari bersama-sama kita cegah Karhutla diwilayah kita dengan cara mengikuti setiap aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, silahkan bertanya kepada pak kades, bhabinkamtibmas/Babinsa terlebih dahulu jika ingin melakukan aktifitas membuka lahan", ucap Kapolsek Suwandi.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved