Breaking News:

Berdiri Sejak 1939, RSJ Sungai Bangkong Akan Diusulkan Sebagai Cagar Budaya Provinsi Kalbar

Selanjutnya akan dilakukan survey dan pendataan secara lengkap untuk rencana pengusulan menjadi Cagar Budaya Provinsi Kalbar.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Kolase Bangunan RSJ Daerah Sungai Bangkong di Kota Pontianak yang telah berdiri sejak tahun 1939 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Daerah Sungai Bangkong yang beradai di Kota Pontianak akan diusulkan sebagai Cagar Budaya Provinsi Kalimantan Barat.

Diketahui bahwa bangunan RSJ Daerah Sungai Bangkong telah berdiri sejak tahun 1939 yang sampai saat ini masih beroperasi. Selain itu keaslian bangunannya masih tetap dipertahankan sampai saat ini.

Kepala RSJ Daerah Sungai Bangkong, Batara Sianipar mengatakan bahwa kalau melihat data yang tercatat bahwa RSJ Sungai Bangkong sudah ada sejak tahun 1939.

RSJ tersebut berdasarkan data yang ada dibangun oleh salah satu pengusaha yang ada di Pontianak.

Baca juga: Jadi Pusat Tujuan Wisata, Bebby Nilai Perlunya Penataan Bangunan Cagar Budaya di Kawasan Waterfront

“Jadi saat ini kita sedang mengusulkan RSJ Sungai Bangkong sebagai cagar budaya Namun tentu ini perlu di kaji lagi dan mempersiapkan banyak hal untuk pengusulannya,” ujarnya kepada awak media, Kamis 18 Februari 2021.

Ia mengatakan tentu untuk pengusulan sebagai Cagar Budaya tidaklah semudah yang dibayangkan.

“Banyak yang harus kita persiapkan dan tentunya akan banyak melibatkan Pemprov Kalbar. Saat ini kita lakukan pengkajian dulu dan konsultasi dengan para sejarawan Kalbar,” ujarnya.

Selanjutnya akan dilakukan survey dan pendataan secara lengkap untuk rencana pengusulan menjadi Cagar Budaya Provinsi Kalbar.

“Kita akan libatkan sejarawan dan memang bangunan ini masih kita pertahankan tentu dengan pemelihatan dan perawatan supaya tetap bagus dan enak dilihat,” pungkasnya. (*)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved