Breaking News:

Bhabinkamtibmas Babinsa dan Kades Imbau Warga Stop Lakukan Aktivitas PETI

Kami berharap agar masyarakat harus beralih untuk mencari pekerjaan lain yang secara legal untuk memenuhi kebutuhan hidup,”

Dok. Polsek Capkala
Bhabinkamtibmas Desa Aris Polsek Capkala Bripka Hardiansyah bersama Babinsa dan Kepala Desa Aris melaksanakan Sosialisasi dan bentangkan spanduk himbauan tentang larangan melakukan kegiatan penambaangan tanpa izin, Sabtu 13 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari Pertambangan Tanpa Ijin (PETI) di Desa Aris Kecamatan Capkala Kabupaten Bengkayang, Bhabinkamtibmas Desa Aris, Polsek Capkala Bripka Hardiansyah bersama Babinsa dan Kepala Desa Aris melaksanakan Sosialisasi dan bentangkan spanduk imbauan tentang larangan melakukan kegiatan penambaangan tanpa izin, Sabtu 13 Februari 2021.

Kapolres Bengkayang Polda Kalbar AKBP NB Darma, S.I.K., MH, melalui Kapolsek Capkala, Ipda L Simbolon, menyatakan PETI dapat merusak ekosistem sungai dan menyebabkan tanah longsor.

“Larangan untuk melakukan PETI khususnya penambang emas illegal dilarang berdasarkan undang–undang RI Nomor 04 Tahun 2009 tentang pertambangan, mineral dan batubara dan diancam hukuman penjara 10 tahun dan denda Rp 10 Miliar,” ungkap L Simbolon.

Baca juga: Sosialisasi Pawswakarsa di PT GAM, Sat Binmas Polres Landak Pasang Baliho Imbauan Larangan PETI

Dengan imbauan spanduk ini dilaksanakan sebagai cara untuk memberikan pemahaman, dan himbauan kepada warga masyarakat pekerja PETI, agar meninggalkan kebiasaan bekerja emas, karena kegiatan pekerjaan ini menimbulkan dampak rusaknya lingkungan.

“Kami berharap agar masyarakat harus beralih untuk mencari pekerjaan lain yang secara legal untuk memenuhi kebutuhan hidup,” ucap L Simbolon.

Dalam undang–undang RI Nomor 04 Tahun 2009 yang mengatur tentang Pertambangan, Mineral dan Batu Bara menjelaskan tentang larangan keras untuk melakukan aktifitas PETI khususnya pertambangan emas secara illegal akan ditindak tegas dan mendapat sangsi hukuman.

“Dengan dilaksanakannya dibentangkan spanduk himbauan tentang larangan untuk aktivitas PETI, saya menghimbau kepada warga masyarakat Kecamatan Capkala untuk menghentikan aktifitas penambangan emas illegal”, kata Kapolsek

“Kami pun melakukan himbauan dan sosialisasi kepada warga dan pemerintah desa, untuk selalu menjaga lingkungan yang terhindar dari kerusakan alam dan longsor”, tutup NB Darma

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved